Ada Tiga Tahapan yang Harus Dilalui Peserta Lolos SBMPTN 2019

Penulis: Michael Reily

Editor: Yuliawati

11/7/2019, 13.46 WIB

Peserta lulus SPMBTN 2019 wajib hadir pada saat registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai ketentuan masing-masing PTN.

lolos SBMPTN 2019, tiga tahap
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sejumlah kendaraan melintas di depan tugu Universitas Indonesia (10/07/2019).

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah mengumumkan sebanyak 168.742 peserta lolos ke 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2019. Para peserta yang lolos pun wajib hadir untuk pendaftaran ulang di masing-masing perguruan tinggi negeri tujuan.

Pemerintah bakal memantau penyelenggaraan seleksi. Setelah lolos SBMPTN 2019, masih ada tiga tahap untuk para peserta yang harus dilalui. Tahap pertama, peserta lulus SPMBTN 2019 wajib hadir pada saat registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai ketentuan masing-masing PTN.

Pengumuman jadwal registrasi atau daftar ulang ada dalam masing-masing laman PTN tujuan peserta. "Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses status penerimaan peserta SBMPTN 2019 sebagai mahasiswa di PTN tujuan," tertulis dalam laman resmi Kementerian Ristekdikti, dikutip Kamis (11/7).

(Baca: 10 PTN dengan Peminat Terbanyak SBMPTN 2019, UI & ITB Tak Masuk Daftar)

Kedua, peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2019 akan dinyatakan diterima di PTN yang bersangkutan. Namun, peserta harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan masing-masing PTN. Ketentuan itu bisa dilihat di laman PTN tujuan peserta yang lolos.

Ketiga, pengumuman hanya untuk peserta yang lolos SBMPTN 2019 yang merupakan pemohon beasiswa bantuan pemerintah melalui program Bidikmisi atau bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik. Status perolehan beasiswa masih melalui proses verifikasi khusus oleh masing-masing PTN tujuan.

(Baca: ITB dan UI, PTN dengan Nilai Rerata Tertinggi di SBMPTN 2019)

Para peserta yang tidak lulus SBMPTN 2019 juga masih memiliki kesempatan untuk masuk ke PTN pilihan. Sebab, masing-masing PTN bakal melakukan proses pendaftaran jalur mandiri yang syarat dan waktu bisa dilihat langsung di laman resmi PTN.

Secara total, para lulusan SBMPTN terdiri dari 48.965 peserta pemohon beasiswa Bidikmisi dan 119.777 peserta yang bukan pemohon beasiswa Bidikmisi.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha