DPR Kritik Jokowi yang Hanya Calonkan Destry Sebagai DGS BI

Agatha Olivia Victoria
11 Juli 2019, 19:19
destry damayanti jadi deputi gubernur senior bi
Donang Wahyu|KATADATA
Ketua Komisi XI DPR Melchias Mekeng mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hanya memberikan satu nama saja sebagai calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI).

Ketua Komisi XI DPR Melchias Mekeng mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hanya memberikan satu nama saja sebagai calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI). Calon tunggal ini dinilai memberi opini negatif kepada masyarakat.

“Hal ini menggiring persepsi masyarakat bahwa BI tak lagi independen," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (11/7).

Advertisement

Destry Damayanti siang tadi telah ditetapkan oleh DPR sebagai Deputi Gubenur Senior BI periode 2019-2024, menggantikan Mirza Adityaswara. Melchias menjelaskan, dari 10 fraksi Komisi XI, 9 fraksi yang hadir menerima utuh secara aklamasi pencalonan Destry. 

Komisi XI menilai pihaknya tak bisa berbuat apa-apa lagi karena calonnya hanya satu. “Kan kalo ditolak juga tidak enak. Kalau lebih dari satu bisa dibandingkan," ujarnya.

Terkait hal ini, Melchias akan mengirimkan surat kepada pimpinan DPR. Surat ini berisi saran uuntuk pemerintah ke depan agar bisa memberikan calon lebih dari satu saat pemilihan DGS BI.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement