Hingga Awal Juli Investasi Sektor Minerba Masih 35% dari Target

Image title
11 Juli 2019, 20:33
realisasi investasi minerba
Arief Kamaludin|KATADATA
irektur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mencatat realisasi investasi di sektor mineral dan batu bara (minerba) hingga 10 Juli baru mencapai 35,46% dari target atau sebesar US$ 2,19 miliar.

Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi investasi di sektor mineral dan batu bara (minerba) hingga 10 Juli baru mencapai 35,46% dari target atau sebesar US$ 2,19 miliar. Sementara, target investasi pada tahun ini mencapai US$ 6,17 miliar.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan, realisasi investasi ini sejalan dengan harga komoditas yang dijual. Apabila harga komoditas sedang baik, maka perusahaan akan mengoptimalkan kinerja operasional perusahaannya.

"Kan berbanding lurus dengan harga, kalau harganya bagus kerjanya lebih dalam," kata Bambang, dalam Rapat Dengan Pendapat Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), di Jakarta, Kamis (11/7).

(Baca: Inalum Minta Insentif Fiskal untuk Memacu Investasi Hilir Minerba)

Bambang juga tidak bisa memastikan besaran investasi hingga akhir tahun, karena harga komoditas yang fluktuatif. Namun, jika dilihat dari porsinya, investasi komoditas mineral lebih tinggi dari pada batu bara.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...