Jokowi Dorong Produk Kreatif UKM Mampu Tembus Pasar Global

Michael Reily
12 Juli 2019, 18:39
Sejumlah produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ikut dalam program bazar online #BelidanPeduli kerjasama Bank DBS dan Bukalapak di Jakarta, Selasa (3/11).
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi produk UKM. Jokowi meminta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengembangkan produk kreatif agar bisa menembus pasar global.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia kalah saing untuk pasar yang butuh produksi massal. Padahal, produk ekonomi kreatif yang punya nilai tambah tinggi bisa menjadi andalan untuk ekspor sehingga memperbaiki neraca perdagangan.

Jokowi meminta supaya pelaku usaha mengembangkan produk kreatif. "Ada banyak peluang yang kita bisa masuk. Itu adalah pasar niche yang jumlahnya kecil, tertentu, tetapi nilai tambah dalam pasar global besar sekali," katanya pada acara Karya Kreatif Indonesia Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Jumat (12/7).

Advertisement

Menurut Jokowi, produk UKM binaan BI pada pameran itu memiliki nilai lebih karena ada dukungan pendanaan serta pemasaran. Peningkatan kualitas yang jauh lebih baik itu terlihat dalam hal kemasan, pembangunan merek, hingga desain.

Dia mengungkapkan, proses kurasi serta peningkatan nilai produk bisa menghasilkan nilai yang lebih mahal. Sehingga, UKM juga mampu menghasilkan produk lebih banyak. "Sehingga ketemu produk yang premium, produk yang kualitasnya tinggi, dan jual harga berapapun orang akan tetap senang," ujar Jokowi.

(Baca: Pertumbuhan Desain Komunikasi Visual Pesat, Kontribusinya Masih Minim)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement