Kemenkeu: Cukai Plastik Efektif Kurangi Pemakaian Kantong Plastik 30%

Agatha Olivia Victoria
12 Juli 2019, 14:04
cukai plastik, penerapan cukai kantong plastik
Katadata
Kepala Bidang Kebijakan Kepabeanan dan Cukai Kementerian Keuangan Joko Surjono mengatakan, konsumsi kantong plastik dapat turun 25%-30% dengan penerapan cukai plastik sebesar Rp 200 per lembar atau Rp 30 ribu per kilogram.

Kepala Bidang Kebijakan Kepabeanan dan Cukai Kementerian Keuangan Joko Surjono mengatakan, pengenaan cukai akan efektif mengurangi penggunan plastik di masyarakat. Karena itu, Kementerian berencana menerapkan cukai kantong plastik sebesar Rp 200 per lembar atau Rp 30 ribu per kilogram.

"Konsumsi plastik akan turun sekitar 25% hingga 30%, menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," kata Joko saat Konferensi Pers di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (12/7).

Advertisement

Hal ini juga tercermin dari pengalaman pemerintah Inggris. Joko mengatakan, ketika ada biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk sebuah kantong plastik, otomatis penggunaan barang tersebut mengalami penurunan.

Ia menilai, penerapan cukai plastik menjadi penting saat ini mengingat sudah banyak masalah kantong plastik yang tidak terserap di daratan, lalu mengalir ke laut. Saat di lautan, sampah itu menghasilkan mikro plastik yang akan dimakan hewan. Kemudian, manusia yang mengonsumsi hewan laut pun jadi turut mencernanya.

"Ini berbahaya dan perlu dikendalikan. Salah satu instrumennya melalui tarif, yaitu cukai, maupun sosialisasi sampah sehingga isu lingkungan bisa diatasi dengan baik," ucap dia.

(Baca: Sri Mulyani Usul Terapkan Cukai Kantong Plastik Rp 200 per Lembar)

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Adriyanto juga meyakini hal serupa. Dengan berlakunya cukai kantong plastik, masyarakat akan berpikir kembali untuk menggunakan barang tersebut dikarenakan harga yang lebih tinggi.

"Harga diberikan lebih tinggi ke pembeli sehingga akhirnya mereka akan kurangi atau bisa terdorong untuk tidak menggunakan lagi," ujarnya di saat bersamaan.

Sebagai informasi, berdasarkan data KLHK pada 2016, sekitar 9,85 miliar lembar sampah kantong plastik dihasilkan setiap tahun. Sampah ini berasal dari 90 ribu gerai ritel modern di seluruh Indonesia. Adapun komposisi sampah plastik dari total timbulan sampah nasional mencapai 14% pada tahun 2013 dan mengalami peningkatan menjadi 16% pada tahun 2016.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement