Tak Beri Sambutan di Pameran BI, Jokowi Mengobrol dengan Pelapak UMKM

Penulis: Michael Reily

Editor: Yuliawati

12/7/2019, 10.59 WIB

Jokowi cukup lama menghabiskan waktu untuk melihat-lihat lapak UMKM sambil sesekali mengobrol dengan para pengrajin.

Jokowi pameran UMKM BI
Rahmat/Humas Kepresidenan
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana berjalan menyisir pantai di Pulau Rinca, kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, NTT, Kamis (11/7) pagi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pameran kain dan kerajinan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Karya Kreatif Indonesia. Sebanyak 370 UMKM binaan Bank Indonesia (BI) bakal memamerkan produk di Jakarta Convention Center (JCC) mulai 12 Juli hingga 14 Juli 2019.

Jokowi meresmikan pameran dengan memukul gendang bedeq asal Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Gubernur BI Perry Warjiyo dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf. Dia datang bersama Ibu Negara Iriana dan istri wakil presiden, Mufidah Jusuf-Kalla.

Tak seperti kebiasaannya, Jokowi tidak memberikan sambutan ketika membuka acara. “Semuanya saya rasa sudah disampaikan secara jelas dan gamblang oleh Pak Gubernur, karena itu dengan mengucap bismillahirahmanirrahim pameran Karya Kreatif Indonesia saya nyatakan dibuka,” katanya, Jumat (12/4).

(Baca: Jokowi Teken PP Insentif Super Pajak, Potongannya Sampai 300%)

Setelah itu, para pejabat negara tersebut mengelilingi pameran untuk melihat produk UMKM binaan BI. Jokowi malah cukup lama menghabiskan waktu untuk melihat-lihat lapak UMKM sambil sesekali mengobrol dengan para pengrajin.

Perry mengungkapkan, 370 UMKM yang ikut pameran adalah produk hasil pengrajin pilihan yang punya kualitas internasional. Sekitar 100 UMKM punya produk kain dan pakaian, 80-an UMKM menghasilkan produk kerajinan seperti tas, dan kira-kira 150 UMKM produk kuliner.

Secara total, BI membina 898 UMKM dari 46 kantor perwakilan BI di daerah. “Kami mau tampil beda dalam pameran, go export go digital sambil kerja sama desainer, tiada hari tanpa peragaan busana dalam waktu tiga hari,” kata Perry.

(Baca: BI Gelar Pameran Karya Kreatif Indonesia Pada Pertengahan Juli Ini)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN