Prabowo Sudah Bertemu Jokowi di MRT, IHSG Senin Besok Diprediksi Naik

Image title
14 Juli 2019, 08:43
IHSG Naik
Arief Kamaludin|KATADATA

Pertemuan perdana dua calon presiden Joko Widodo dengan Prabowo Subianto, usai Pilpres 2019 dinilai bakal diapresiasi oleh investor di pasar modal dalam negeri. Hal tersebut diprediksi membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik ke zona hijau pada perdagangan Senin (15/7).

"Harusnya Senin (15/7) nanti hijau (naik) karena kan ini rekonsiliasi yang ditunggu oleh banyak pihak," kata Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus kepada Katadata.co.id, Sabtu (13/7).

Advertisement

(Baca: Jokowi Bertemu Prabowo: Tak Ada Lagi Cebong dan Kampret)

Karena itu dia memperkirakan IHSG pada perdagangan Senin bergerak di sekitar level 6.335 hingga 6.395 dengan potensi menguat terpengaruh rekonsiliasi dua tokoh politik Indonesia tersebut. Pada perdagangan terakhir Jumat (12/7), IHSG ditutup pada level 6.373,3 atau turun 0,68%.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji justru menilai, rekonsiliasi antara kedua tokoh tersebut justru tak  akan banyak mendongkrak IHSG kendati direspons positif oleh investor pasar modal. Laju IHSG berpotensi tertahan menjelang pengumuman neraca neraca perdagangan periode Juni 2019 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) besok, Senin (15/7).

Sejumlah pihak memperkirakan neraca perdagangan Juni masih akan defisit. "Tidak ada kaitannya dengan rekonsiliasi politik antara 01-02," kata Nafan pada Sabtu (13/7).

Selain itu, pelaku pasar juga masih akan melakukan aksi wait and see terkait dengan kebijakan moneter Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (The Fed). Hal tersebut berkaitan dengan pidato yang akan disampaikan oleh Gubernur The Fed, Jerome Powell pekan depan.

(Baca: Akhirnya Jokowi dan Prabowo Silaturahmi Sambil Menjajal MRT)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement