Saham BCA dan Sektor Konsumer Tahan Laju Koreksi IHSG

Penulis: Happy Fajrian

17/7/2019, 18.08 WIB

Indeks sektor konsumer menjadi satu-satunya indeks sektoral yang berkinerja positif hari ini dan berkontribusi menahan laju koreksi IHSG.

Karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Bursa Efek Indonesia, Jakarta. IHSG hari ini Rabu (17/7) turun 0,11% ke level 6.394,61. Indeks sektor konsumer menjadi satu-satunya sektor yang berkinerja positif hari ini.
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Bursa Efek Indonesia, Jakarta. IHSG hari ini Rabu (17/7) turun 0,11% ke level 6.394,61. Indeks sektor konsumer menjadi satu-satunya sektor yang berkinerja positif hari ini.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menutup perdagangan saham Bursa Efek Indonesia hari ini dengan kinerja negatif dan harus kembali ke level 6.300. IHSG hari ini turun 7,27 poin atau 0,11% ke posisi 6.394,61.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta mengatakan koreksi IHSG hari ini karena investor yang menunggu kebijakan suku bunga acuan Bank Indonesia yang tengah dirumuskan dalam Rapat Dewan Gubernur BI hari ini Rabu (17/7) hingga esok Kamis (18/7).

"Pasar cenderung memilih 'wait and see', dan juga minimnya sentimen positif dari domestik dan global," kata Nafan seperti dilansir dari Antara. Posisi kebijakan BI memang dinantikan investor setelah sinyal pemangkasan suku bunga dari The Fed di sisa tahun ini semakin kuat.

Pada perdagangan hari ini, sebanyak 254 saham mengalami penurunan, 164 saham berhasil naik, dan 127 saham lainnya stagnan. Namun laju koreksi IHSG sedikit tertahan oleh sektor konsumer yang menjadi satu-satunya indeks sektoral yang naik, yakni sebesar 0,96%.

(Baca: IHSG Diprediksi Turun, Saham Bank Mandiri dan Adaro Jadi Rekomendasi)

Beberapa saham sektor konsumer yang paling signifikan menahan laju turunnya IHSG hari ini di antaranya PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) yang naik 1,32%, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) naik 1,13%, serta PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) naik 1,92%.

Selain itu, saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menjadi saham di urutan teratas yang paling berjasa menahan laju IHSG hari ini. Saham BBCA hari ini tercatat mengalami kenaikan sebesar 1,07% menjadi Rp 30.750 per saham.

Menurut data RTI Infokom total transaksi saham hari ini mencapai Rp 8,99 triliun dari 18,54 miliar saham yang ditransaksikan sebanyak 485.184 kali oleh investor. Sementara itu investor asing tercatat membukukan penjualan bersih saham sebesar Rp 576,62 miliar di pasar reguler.

Saham BCA menjadi salah satu saham yang menjadi sasaran jual investor asing hari ini meskipun kinerjanya naik. Total investor asing menjual bersih saham BCA hari ini sebesar Rp 133,4 miliar.

Selain saham BCA, saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga menjadi sasaran jual yakni sebesar Rp 131,4 miliar, serta saham PT Astra International Tbk (ASII) sebesar Rp 153,1 miliar atau yang terbesar hari ini.

(Baca: Disuspensi Dua Tahun, Saham Pemilik SCBD Akan Hengkang dari Bursa)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN