Tak Ada Rapat, Erick Thohir Pastikan Daftar Menteri Jokowi Hoaks

Michael Reily
17 Juli 2019, 18:22
Erick Thohir
Arief Kamaludin (Katadata)

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memastikan daftar menteri kabinet Jokowi yang beredar di media sosial adalah hoaks. Menurutnya, tidak ada rapat pada hari Minggu (14/7) di Bogor, Jawa Barat.

Erick menuturkan, pidato Jokowi selesai sekitar pukul 21.00 WIB. "Habis pidato, Beliau langsung ke panggung sebelah yang ada konser Slank, jadi rapat itu tidak pernah ada," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/7).

Selain itu, dia menyorot nama Pramono Anung yang bertindak sebagai sekretaris dalam risalah rapat. Padahal, dia menuturkan Pramono tidak bisa hadir ke acara pidato Jokowi dalam Visi Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC).

Erick juga menjelaskan bahwa susunan kabinet bukan berdasarkan diskusi antara Jokowi dan para menteri. Sebab, seleksi kabinet adalah hak prerogatif milik presiden. Namun, dia mengatakan ada kemungkinan Jokowi membentuk kabinet yang mengakomodir partai koalisi.

(Baca: Hoaks Daftar Menteri Kabinet Jokowi-Ma’ruf Beredar di Media Sosial)

Meski begitu, dia mengungkapkan, tugas TKN selesai setelah Pemilihan Presiden 2019. Sehingga, dia tidak ingin ikut campur dalam proses pembentukan kabinet. Apalagi, Presiden sebagai petahana tidak perlu transisi untuk pemerintahan lima tahun ke depan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...