ExxonMobil Dapat Rekomendasi Impor Solar Hingga 800 Ribu Kiloliter

Image title
18 Juli 2019, 02:00
impor solar exxonmobil, kementerian esdm
Arief Kamaludin|KATADATA
ExxonMobil mendapat rekomendasi impor solar sebanyak 800 ribu kiloliter dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyarankan badan usaha untuk membeli solar kepada Pertamina dengan mempertimbangkan ketersediaan pasokan dalam negeri. Namun, Kementerian ESDM tetap memberikan ijin impor kepada badan usaha.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Djoko Siswanto mengungkapkan, dirinya sudah memberikan rekomendasi terhadap badan usaha yang memerlukan izin impor solar. Namun dia enggan menyebut badan usaha yang sudah mendapatkan ijin impor tersebut.

Advertisement

Berdasarkan dokumen yang diperoleh Katadata.co.id, Rabu (17/7), salah satu badan usaha yang mendapatkan rekomendasi izin impor adalah PT ExxonMobil Lubricants Indonesia. Adapun rekomendasi izin impor BBM yang digunakan untuk periode 2019 ini, merupakan pembaharuan dari rekomendasi pada 15 Januari 2019.

Dalam rekomendasi impor 15 Januari 2019, Exxonmobil mendapatkan hak impor minyak solar (automotive diesel oil) sebanyak 226.100 kiloliter (kl). Dalam rekomendasi terbaru, Exxonmobil mendapatkan rekomendasi impor solar sebesar 800.320 kl.

(Baca: Subsidi Solar Dipotong, Menteri Jonan Usul Harga Solar Disesuaikan)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement