Lepas IMF, Lagarde akan Jadi Wanita Pertama Pimpin Bank Sentral Eropa

Image title
Oleh Abdul Azis Said
18 Juli 2019, 10:04
Christine Lagarde mundur dari IMF, Christine Lagarde akan menjadi presiden bank sentral eropa, Christine Lagarde jadi presiden ecb, pemimpin perempuan pertama di bank sentral eropa
Arief Kamaludin | Katadata
Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde

Christine Lagarde Secara resmi telah mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi Managing Director International Monetary Fund (IMF) terhitung 12 September mendatang. Keputusan ini menyusul pencalonannya dalam pemilihan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB). Ia dinominasikan oleh sejumlah pemimpin negara Eropa untuk mengisi jabatan penting sebagai petinggi di lembaga penting Uni Eropa (EU).

Jika berjalan mulus, Lagarde akan menggantikan posisi Presiden ECB saat ini, Mario Draghi, yang akan lengser pada Oktober 2019. Perwakilan dari 28 negara Eropa memilihnya sebagai presiden ECB berikutnya. Dia akan resmi mengemban jabatan itu mulai 1 November 2019 ini.

Perempuan kelahiran Prancis 1956 ini merupakan Direktur Pelaksana IMF ke-11. Dia tercatat sebagai perempuan pertama di lembaga keuangan dan moneter dunia tersebut. Tahun ini merupakan periode keduanya, setelah pertama kali terpilih pada tahun 2011 dan berlanjut terpilih kembali pada 2016.

Lagarde adalah seorang politikus yang pernah berkarir sebagai pengacara. Ibu dua anak ini merupakan lulusan fakultas hukum University of Paris X. Gelar magisternya diambil pada keilmuan politik di Political Science Institue, Aix en Provonce.

Mantan juara renang nasional Perancis ini pernah bekerja untuk Baker & McKenzie sejak 1981. Ia cukup betah bekerja untuk firma hukum internasional tersebut dan sempat mengisi jabatan-jabatan strategis. Spesialisasinya pada kasus terkait perburuhan, anti-trust, dan merger & akuisisi.

(Baca: Lagarde Puji Persiapan Rapat Tahunan IMF-Bank Dunia)

Dia mulai bergabung sebagai anggota komisi eksekutif pada 1995 dan ditunjuk sebagai ketua Komite Eksekutif Global, empat tahun kemudian. Pada 2004, dia dipromosikan untuk jabatan baru sebagai Ketua Komite Strategis Global Baker & McKenzie.

Setelah sekian lama bergulat dengan pekerjaan pada bidang hukum, ia mulai terjun ke politik dengan bergabung di Pemerintahan Perancis sebagai menteri pada 2005. Ia memulainya dengan menjabat sebagai Mentri Perdagangan pada kabinet periode kedua Presiden Jacques Chirac. Sempat direshuffle untuk jabatan Mentri Pertanian dan Perikanan untuk periode yang relatif singkat.

Lagarde kemudian ditunjuk sebagai Mentri Keuangan Prancis Kabinet Presiden Nicolas Sarkozy pada 2007 hingga 2011. Kecakapannya pada urusan keuangan negara membawanya maju dalam pencalonan pimpinan IMF pada 2011, saat masa jabatannya di Pemerintahan Perancis berakhir. Lagarde masuk ke IMF untuk mengisi kekosongan jabatan Direktur Pelaksana. Sebelumnya jabatan tersebut dipegang oleh Dominique Strauss-Kahn, yang terpaksa mundur karena terjerat kasus tuduhan pelecehan seksual.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...