KKP Ekspor 8,9 Ribu Hasil Perikanan Senilai Rp 588 Miliar

Image title
Oleh Ekarina
19 Juli 2019, 10:44
Ekspor Hasil Perikanan Indonesia, Stok Ikan
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Pekerja menyusun ikan tangkapan di Cold Storage Perum Perindo Unit Natuna, Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (3/8).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melepas ekspor hasil perikanan senilai Rp 588 miliar ke sejumlah negara. Pelepasan ekspor tersebut dilakukan serentak di lima kota dengan melibatkan 147 perusahaan perikanan binaan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP.

Kepala BKIPM KKP Rina mengatakan, pelepasan ekspor hasil perikanan dilakukan di lima pelabuhan utama yaitu Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Emas Semarang, Belawan Medan, dan Soekarno-Hatta Makassar.

Ekspor tersebut mencakup 8,9 ribu ton hasil perikanan yang dikemas dalam 394 kontainer. "Dari Pelabuhan Tanjung Priok, pelepasan ekspor diikuti delapan perusahaan dengan 252 kontainer dan potensi nilai devisa sebesar Rp466 miliar," ujar Rina.

(Baca: Biaya Logistik Naik, Ekspor Hasil Perikanan Sulsel Turun Signifikan)

Adapun beberapa hasil perikanan yang diekspor di antaranya, nila, bayi gurita, udang, sotong, cumi-cumi, kakap serta tuna. Produk tersebut akan dikirim ke 21 negara, yaitu Amerika Serikat, Uni Eropa, China, Spanyol, Singapura, Sri Lanka, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Austria, Malaysia, Perancis, Puerto Riko, Italia, Belanda, Australia, Inggris, Denmark, dan Yunani.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan pertumbuhan usaha perikanan di Indonesia saat ini merupakan dampak positif dari pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing yang digalakkan pemerintah beberapa tahun belakangan.

Pemberantasan penangkapan ikan ilegal dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya yang ekstrem yakni dengan penenggelaman  kapal. Data KKP mencatat, hingga saat ini sudah ada sekitar 516 kapal pencuri ikan yang ditenggapkan. Sedangkan semester I 2019,  KKP telah berhasil menangkap 67 kapal pencuri ikan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...