Lebih Tinggi dari Nasional, Ekonomi Sumut Diperkirakan Tumbuh 5,4%

Agatha Olivia Victoria
19 Juli 2019, 18:21
pertumbuhan ekonomi 2019
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Pengendara sepeda motor melintas di lokasi proyek pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai seksi III, di Deli Serdang, Sumatera Utara. Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi di provinsi itu pada 2019 mencapai 5,4%.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara Wiwiek Siswo Widayat memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara pada 2019 tumbuh lebih baik dibandingkan 2018. "Perekonomian Sumatera Utara diperkirakan tumbuh mencapai 5,4% atau di kisaran 5%-5,4% secara tahunan (year on year/yoy)," ujarnya di Hotel Adimulia, Medan, Jumat (19/7).

Pertumbuhan ekonomi itu didorong oleh perbaikan kinerja konsumsi pemerintah, ekspor antardaerah serta berkurangnya tekanan impor. Selama ini, dengan kapasitas perekonomian terbesar keenam di Indonesia dan tertinggi di wilayah Sumatera, pertumbuhan provinsi itu selalu tumbuh di atas nasional. 

Tercatat, pada triwulan I-2019 pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara tumbuh cukup kuat mencapai 5,3% secara tahunan. Nilainya lebih tinggi dari tingkat nasional yang mencapai 5,07%.

"Realisasi pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara di triwulan I-2019 ditopang oleh perbaikan kinerja sektor konstruksi," kata Wiwiek. Sektor ini terakselerasi oleh berlanjutnya pembangunan proyek-proyek infrastruktur pemerintah yang bersifat multiyears.

(Baca: Pertumbuhan Ekonomi RI Tahun Ini Diprediksi Tak Capai Target 5,2%)

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...