Virtual Reality Test Drive, Sensasi Menjajal Mobil Tanpa ke Showroom

Penulis: Rizky Alika

Editor: Ekarina

20/7/2019, 07.00 WIB

Dengan virtual reality test drive, konsumen bisa merasakan pengalaman baru menjajal mobil tanpa harus pergi ke showroom kendaraan.

Ilustrasi mobil DFSK, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Gedung Nusantara 2, ICE BSD, Tanggerang, Banten (18/7/2019). DFSK meluncurkan versi Facelift dari Glory 580. Versi sebelumnya dari Glory 580 ini masuk ke Indonesia pada per
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi mobil DFSK, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Gedung Nusantara 2, ICE BSD, Tanggerang, Banten (18/7/2019). DFSK meluncurkan versi Facelift dari Glory 580. Versi sebelumnya dari Glory 580 ini masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun lalu. Untuk versi Facelift sudah diluncurkan awal tahun ini di negara asalnya di Tiongkok.

Kegiatan test drive  atau menjajal kendaraan sebelum memutuskan membeli mobil lazim dilakukan para calon konsumen. Namun, seiring perkembangan teknologi, konsumen bisa melakukan virtual reality (VR) test drive tanpa perlu pergi ke showroom seperti yang diadakan Blibli.com dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. 

Dengan perangkat tersebut, Blibli.com mendorong konsumen otomotif merasakan pengalaman berbelanja baru.

Pengunjung GIIAS dapat merasakan kabin mobil secara virtual dengan menggunakan headset VR. Alat tersebut akan menampilkan video interior mobil yang ditangkap menggunakan kamera 360 derajat.  

SVP Trade Partnership Lay Ridwan Gautama mengatakan, ide menghadirkan VR tersebut muncul karena konsumen merasakan pengalaman membeli produk secara online dan offline masih berbeda jauh. "Jadi kami berusaha mendekatkan experience-nya antara offline dan online supaya orang mudah memutuskan tanpa harus pergi ke lokasi," katanya saat ditemui katadata.co.id di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7).

(Baca: Penjualan Mobil Semester I Turun, Menperin Yakin Capai Target 1,1 Juta)

Ridwan mengatakan, saat ini ada konsumen yang enggan pergi ke showroom kendaraan karena beberapa alasan. Hal ini mendorong konsumen untuk mencari informasi secara online sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan.

Dalam GIIAS 2019, Blibli bekerja sama degan tujuh merek otomotif untuk menghadirkan simulasi virtual. Produk yang dapat dijajal meliputi Renault Triber, Nissan All New Livina VE, Jeep Compass, DFSK Glory 560 1,5L Turbo, Wuling Almaz Turbo dan Mercedes Benz A-Class 2019, dan brand lainnya. Adapun, Renault Triber merupakan produk yang baru diluncurkan ke pasar.

Dia pun menjelaskan sensasi menggunakan VR test drive ketika duduk sebagai penumpang setelah memasangkan headset VR di kepalanya. "Ada fitur yang bisa dikoneksikan dengan bluetooth. Rasanya, seperti duduk di sebelah pengemudi," ujarnya.

Selain itu, ia pun dapat melihat lebih detail material interior mobil, seperti jendela, jok penumpang belakang, hingga atap mobil. "Tinggal nengok saja. Lihat ke atas lalu ada sunroof-nya," kata dia.

(Baca: Blibli Gunakan Whatsapp for Business Untuk Notifikasi Pelanggan)

Ke depan, teknologi VR test drive akan terus dikembangkan. Ridwan pun tidak menutup kemungkinan konsumen dapat merasakan AC kendaraan dan lainnya.

Ridwan menilai, strategi penjualan ini dinilai penting untuk memanfaatkan pertumbuhan industri e-commerce. Oleh karena itu, pengalaman VR test drive juga akan dihadirkan dalam website maupun mobile web Blibli.

Konsumen hanya perlu menghubungkan browsernya dengan website Blibli. Sementara, teknologi VR test drive melalui aplikasi masih dikembangkan hingga saat ini.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN