Inilah 10 Saham Paling Cuan Selama Sepekan, Emiten Baru Untung 111%

Happy Fajrian
21 Juli 2019, 18:11
Karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Bursa Efek Indonesia, Jakarta. IHSG selama sepekan naik 1,31%. Enam emiten baru mencatatkan diri sebagai saham tercuan selama sepekan perdagangan bersama dua emiten telekomuni
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Bursa Efek Indonesia, Jakarta. IHSG selama sepekan naik 1,31%. Enam emiten baru mencatatkan diri sebagai saham tercuan selama sepekan perdagangan bersama dua emiten telekomunikasi yang didukung aturan terkait IMEI.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) mencatatkan kenaikan sebesar 83,2 poin atau 1,31% ke posisi 6.456,54 selama sepekan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin. Dari sepuluh saham tercuan, enam di antaranya merupakan emiten baru yang go public tahun ini.

Di urutan pertama dengan kenaikan harga saham 111,82% sepanjang pekan lalu yaitu PT Arkha Jayanti Persada Tbk (ARKA) yang baru melantai di Bursa Efek Indonesia pada 10 Juli 2019. Saham ARKA naik dari Rp 550 per saham menjadi Rp 1.165.

Saham ARKA pekan lalu bahkan sempat masuk dalam pengawasan pihak bursa dalam kategori unusual market activity (UMA) karena peningkatan harganya yang dinilai tidak wajar oleh BEI.

“Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham ARKA perlu kami sampaikan bahwa bursa sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini,” jelas Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Lidia M. Panjaitan, dalam keterangan tertulis pada keterbukaan informasi BEI, Kamis (18/7).

(Baca: Rekonsiliasi Politik Hingga Bunga Acuan Topang IHSG Sepekan Naik 1,31%)

Arkha memiliki tiga segmen kegiatan usaha yang berpeluang tumbuh pesat karena terkait dengan sektor strategis Indonesia yakni batu bara, infrastruktur, dan manufaktur. Segmen usahanya meliputi produksi komponen alat berat, konstruksi baja, karoseri body dump truck, dan pengangkutan batu bara.

Salah satu klien Arkha yaitu PT Pindad yang merupakan BUMN produsen senjata dan alat utama sistem pertahanan (alutsista) nasional, anak usaha grup Astra PT Pamapersada Nusantara, hingga BUMN karya yang saat ini sedang kebanjiran proyek konstruksi dan infrastruktur.

Secara keseluruhan ada enam emiten baru yang masuk ke dalam daftar saham tercuan pekan ini. Lima emiten lainnya yaitu PT Berkah Prima Perkasa Tbk (BLUE) yang sahamnya meroket 61% selama sepekan, PT Bima Sakti Pertiwi Tbk (PAMG) naik 48,57%, serta PT Menteng Heritage Realty Tbk (HRME) naik 32,69%.

Kemudian PT Golden Flower Tbk (POLU) naik 29,63%, dan PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU) yang sahamnya naik 25,14%. Senasib dengan ARKA, saham BLUE juga masuk ke dalam pengawasan bursa dalam kategori saham UMA karena BEI menilai pergerakan sahamnya yang tidak biasa.

(Baca: BTN dan Bank Mandiri akan Gelar RUPSLB Akhir Agustus 2019)

Gara-gara Aturan IMEI, Dua Emiten Telekomunikasi Masuk Top Gainers

Sementara itu empat saham lainnya yang masuk dalam jajaran 10 saham top gainers termasuk dua di antaranya yaitu PT Global Teleshop Tbk (GLOB) yang sahamnya naik 92,07% serta PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) yang naik 24,56%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...