Runway Ketiga Bandara Soekarno Hatta Ditargetkan Beroperasi 17 Agustus

Rizky Alika
21 Juli 2019, 16:04
Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.
PT Angkasa Pura II
Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa landasan pacu (runway) ketiga Bandara Internasional Soekarno Hatta akan mulai beroperasi pada 17 Agustus 2019. Menurutnya, saat ini runway telah siap digunakan, namun masih memerlukan sejumlah persiapan.

“Memperingati 17 Agustus. Ini menjadi kado untuk kemerdekaan RI,” kata dia di Bandara Soekarno Hatta seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (21/7).

Advertisement

Ia meminta agar Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, PT Angkasa Pura II (Persero), dan AirNav Indonesia bisa mematangkan koordinasi dan prosedur terlebih dahulu. Meski begitu, Budi menegaskan bahwa runway telah siap secara fisik maupun teknisnya.

Kesiapan fisik telah diuji melalui pendaratan pesawat kalibrasi pada hari ini. Kelancaran pendaratan pesawat kalibrasi menandakan runway ketiga sudah siap dioperasikan.

(Baca: Bandara Soekarno-Hatta Catatkan Ketepatan Waktu 93,8%)

Kesiapan bandara tersebut akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo agar segera digunakan. Hal ini sesuai dengan arahan Jokowi pada kunjungan kerja Presiden pada 21 Juni 2019. "Ini memang sudah diharapkan Presiden agar bisa digunakan segera,” ujarnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menyatakan proyek runway ketiga dengan panjang 2.500 meter sudah tuntas 100%. "Sudah dilakukan proving flight untuk landing test runway ketiga pada hari ini,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement