Menteri Susi: Jakarta Harusnya Malu Masih Membolehkan Kantong Plastik

Rizky Alika
21 Juli 2019, 11:07
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengancam akan menenggelamkan pihak yang membuang sampah ke laut.
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengancam akan menenggelamkan pihak yang membuang sampah ke laut.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memimpin pawai bebas plastik di kawasan Car Free Day (CFD) Jakarta. Dalam orasinya, Susi mengatakan bahwa seharusnya DKI Jakarta malu karena masih membolehkan penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Susi pun mengatakan, pemerintah daerah Bali, Banjarmasin, Balikpapan, dan Bogor telah melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. "Kalau DKI (Jakarta) rada malu juga sih," ujarnya di Taman Aspirasi Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (21/7) pagi.

Advertisement

Meski sejumlah daerah telah melarang penggunaan kantong plastik, faktanya jumlah sampah plastik masih banyak. Susi mengatakan, 70% wilayah Indonesia terdiri dari lautan. Sementara, sebanyak 7% sampah plastik berakhir di lautan.

Oleh karena itu dia pun mengancam akan menenggelamkan pembuang sampah plastik ke lautan. "Pembuang sampah plastik ke lautan juga kita tenggelamkan," kata dia.

(Baca: Kemenkeu Nilai Cukai Kantong Plastik Tak Akan Hambat Investasi)

Menurutnya, penangkap ikan ilegal sudah mulai berkurang. Namun setelah masalah penangkapan ilegal mulai teratasi, masalah plastik di lautan terus bermunculan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement