Dengan Startup, Tingkat Pengangguran Bisa Turun Jadi 3% pada 2024

Michael Reily
22 Juli 2019, 18:23
angka pengangguran 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, angka pengangguran bisa turun ke level 3% hingga 4% pada 2024 melalui pengembangan ekosistem perusahaan rintisan atau startup.

Pemerintah menargetkan angka pengangguran bisa turun ke level 3% hingga 4% pada 2024 melalui pengembangan ekosistem perusahaan rintisan atau startup. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan pengembangan ini mulai dari investor hingga sistem pemasaran produk.

Program ini bertujuan agar banyak pekerjaan baru yang muncul, meningkatkan efisiensi dan partisipasi masyarakat. "Fokusnya kepada berbagai sektor, sehingga kelompok rentan miskin bisa masuk ke dalam program untuk wirausaha," kata Bambang di Jakarta, Senin (22/7).

Dia mengungkapkan, pengangguran di Indonesia sekarang berada di level 5%. Meski jumlahnya sedikit, dia mengaku porsi angkatan pekerja dalam sektor informal masih 60%, lebih tinggi daripada pekerja sektor formal.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk yang tidak bekerja (penggangguran) turun sejak Februari 2017, yakni dari 7,01 juta orang menjadi 6,87 juta orang pada Februari 2018. Angka ini turun lagi 0,73% menjadi 6,82 juta orang pada Februari 2019. Penurunannya dapat terlihat pada grafik Databoks berikut ini.

Partisipasi perempuan dalam pekerjaan baru, Bambang mengatakan, baru mencapai 50%. Padahal, kalau mengacu standar negara maju, paling tidak angkanya di 70%. Lalu, ada juga pekerja difabel yang saat ini belum mendapat kesetaraan.

Menurut dia, untuk mewujudkan angka tngkat pengangguran di 3%-4% maka adopsi digital dan revolusi industri harus masuk ke dalam sistem pendidikan sehingga penciptaan lapangan kerja semakin produktif. Contohnya, pasar lulusan vokasi harus memenuhi kebutuhan pasar.

(Baca: Indonesia Siapkan Platform Pelatihan Berbasis Digital)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...