JK Soroti Tantangan Pembangunan ke Depan dan Perlunya Peningkatan SDM

Michael Reily
22 Juli 2019, 13:29
jusuf kalla, pembangunan, sumber daya manusia
Katadata | Arief Kamaludin
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyorot tantangan pembangunan ke depan adalah kemajuan teknologi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyorot tantangan pembangunan ke depan adalah kemajuan teknologi. Kemajuan ini, menurut dia, harus seiring dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Pendidikan yang baik bisa memicu penerapan teknologi yang sesuai. “Pada dasaranya, kemajuan suatu bangsa adalah memenuhi kebutuhan industri, tapi harus ada pendidikan yang baik supaya sesuai dengan teknologi," katanya saat menyampaikan pidato di Indonesia Development Forum 2019 di Jakarta Convention Center, Senin (22/7).

Karena itu, ia menilai perencanaan pembangunan yang matang menjadi faktor penting untuk kemajuan negara. Pemerintah sebaiknya tak memberikan perencanaan dari atas ke bawah saja. “Justru perlu juga mendengarkan ide-ide dari semua pelaku usaha, untuk menyatukan apa yang kita kerjakan sekarang dan masa depan,” ucap JK.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menjelaskan Indonesia akan memasuki masa puncak bonus demografi. Proyeksi Bappenas, jumlah penduduk usia produktif mencapai hingga 68% atau setara dengan 200 juta orang pada 2030.

(Baca: Willson Cuaca: Saatnya Indonesia Menjadi Kiblat Startup Dunia)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...