Pertamina Butuh Dua Bulan untuk Hentikan Semburan Migas Blok ONWJ

Image title
25 Juli 2019, 21:23
Pertamina, Blok ONWJ, Boots & Coots
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Warga membawa karung berisi pasir yang tercemar tumpahan minyak mentah (Oil Spill) di pesisir Pantai Cemarajaya, Karawang, Jawa Barat, Rabu (24/7/2019).

Pertamina berupaya untuk segera menghentikan semburan gas dan minyak di sekitar anjungan lepas pantai sumur YYA-1 Blok Offshore North West Java (ONWJ). Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu mengatakan, pihaknya menargetkan semburan minyak dan gas bisa dihentikan dalam waktu dua bulan. 

Pertamina menggandeng tim ahli dari Amerika Serikat, Boots & Coots, untuk menutup sumur YYA-1. "Dengan melakukan pekerjaan engineer yang cukup intensif dan dilakukan bersama tim Boots and Coots, kami proyeksi akan memakan waktu delapan minggu dari hari ini," kata Dharmawan dalam konferensi pers pada Kamis (25/7).

Advertisement

Boots & Coots merupakan perusahaan pengendali sumur (well control ) yang berpengalaman menangani kebocoran gas dan semburan minyak. Perusahaan tersebut berhasil menangani kasus ledakan rig Deepwater Horizon di lepas pantai Gulf, Mexico pada 2010.

Pertamina memanggil tim Boots & Coots sejak 14 Juli 2019 lalu. Tim ahli tersebut pun sudah berada di Indonesia untuk melakukan survei demi memastikan rig Suhana aman untuk melakukan penanganan sumur (well relief). Rencananya Rig Suhana akan tiba di sumur YYA-1 pada Sabtu (27/7). Rig tersebut akan melakukan pengeboran secara vertikal untuk menutup sumur YYA-1 secara permanen. Dengan begitu, anjungan yang berada di atas sumur bisa dipindahkan.

"Ini perlu diatasi segera karena munculnya gelembung gas diikuti tumpahan minyak, kalau tidak diatasi bisa berbahaya,"ujarnya. (Baca: Tumpahan Minyak Blok ONWJ di Karawang Capai 3.000 Barel per Hari)

Setelah proses tersebut, Pertamina baru bisa melakukan pengeboran di sumur lain yang berada di Lapangan YY Blok ONWJ. Masih tersisa dua sumur terisolasi yang bisa dimanfaatkan Pertamina untuk memproduksi Lapangan YY.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement