Bersama Pertamina, ADNOC Minat Investasi Tangki LPG di Indonesia

Michael Reily
26 Juli 2019, 16:50
ADNOC, Pertamina, LPG
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, tangki LPG. Adnoc bersama Pertamina akan membangun tangki LPG di Indonesia

Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis menyatakan The Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) minat berinvestasi tangki Liquefied Petroleum Gas (LPG). Rencana investasi tersebut diharapkan dapat menekan nilai impor LPG Indonesia.

Husin mengungkapkan, tangki yang akan dibangun di Indonesia tersebut diharapkan bisa menampung lebih banyak LPG terutama ketika harga LPG murah. Dengan begitu, Husin berharap nilai impor LPG turun. Nilai impor LPG Indonesia dari UEA mencapai US$ 2 miliar setiap tahun.   

"Sekarang kalau kami buat mereka investasi, bisa mengurangi nilai itu, intinya untuk energi," kata Husin usai di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (26/7).

Meski begitu, dia tidak mengungkapkan nilai investasi yang akan dibenamkan ADNOC untuk membangun tangki LPG di Indonesia. Yang jelas, Pertamina bakal menjadi mitra dalam proyek tersebut.

(Baca: Pertemuan Jokowi dan Sheik Mohamed Hasilkan Sembilan Kerja Sama )

Selain itu, ada juga Mubadala Investment yang menunjukkan minat investasi. Bahkan, kedua perusahaan pun menyatakan minat investasi untuk proyek smelter.

Husin mengungkapkan, Indonesia tidak hanya mencari investasi dari negara-negara mitra lama seperti Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan. "Ada pendatang baru yang lebih mearik juga sekarang," ujarnya.

Sebelumnya, Pertamina dan ADNOC menjajaki peluang kerja sama di sektor hulu hingga hilir migas, baik di dalam maupun luar negeri. Kedua perusahaan telah menandatangani Comprehensive Strategic Framework (CSF) untuk memulai penjajakan tersebut.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...