Bos Softbank Berencana Investasi di Ekosistem Mobil Listrik Indonesia

Michael Reily
29 Juli 2019, 12:27
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja menerima CEO Grab Anthony Tan, Founder dan CEO Softbank Masayoshi Son, CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Istana Merdeka, Ja
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja menerima CEO Grab Anthony Tan, Founder dan CEO Softbank Masayoshi Son, CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) Softbank Masayoshi Son mengungkapkan pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas tentang komitmen investasi ekosistem mobil listrik di Indonesia.

Son mengatakan bahwa Softbank berencana menyuntikkan modal untuk pembangunan SPLU (stasiun penyedia listrik umum), pabrik manufaktur baterai lithium, serta kendaraan mesin listrik. Dia menjelaskan, Softbank akan melakukan kajian untuk investasi tersebut.

"Kami sangat tertarik pada kendaraan listrik, baterai, dan sistem listrik sebagai energi, kami akan investasi pada ekosistem," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/7).

Dia mengungkapkan, Softbank berkomitmen membantu pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Sehingga, dia juga mempelajari potensi investasi untuk bahan bakar yang menggunakan solar, angin, bahkan geothermal.

(Baca: Bos Softbank Temui Jokowi, Bawa CEO Grab dan Tokopedia)

Menurut Son, salah satu opsi skema investasi adalah kerja sama dengan perusahaan lokal. Namun, dia tidak mengungkapkan rencana lebih jauh untuk investasi energi. "Kami ingin membuat langit Jakarta kembali jadi biru," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pengembangan ekosistem mobil listrik bakal menjadi proyek percobaan di Jakarta. Dia menargetkan, persiapan pengembangan ekosistem mobil listrik bakal selesai dalam waktu tiga tahun, sejalan dengan investasi Softbank.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...