Turun 2,37%, Daihatsu Catat Penjualan 699 Mobil selama GIIAS 2019

Penulis: Rizky Alika

Editor: Ekarina

29/7/2019, 17.26 WIB

Secara keseluruhan, penjualan Astra Daihatsu masih didominasi jenis mobil berpenumpang (multi purpose vehicle/MPV).

Daihatsu, GIIAS 2019, Penjualan Mobil
ANTARA FOTO/Saptono
Pengunjung mendapat penjelasan dari pramuniaga tentang spesifikasi kendaraan Daihatsu dalam pameran Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) di ICE BSD City.

Agen Pemegang Merek (APM) panen penjualan kendaraan selama 11 hari gelaran Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2019 pada 18-28 Juli. PT Astra Daihatsu Motor (ADM), misalnya yang mencatat penjualan 699 unit selama acara, meski jumlah itu lebih rendah dari realisasi penjualan tahun sebelumnya. 

Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra mengatakan penjualan turun 2,37% dibandingkan penjualan GIIAS 2018 lalu sebesar 716 unit. Namun, dia tidak menyebut faktor penyebab penurunan. 

Secara keseluruhan, penjualan Astra Daihatsu masih didominasi jenis mobil berpenumpang (multi purpose vehicle/MPV).  "Sigra menyumbang porsi terbanyak atau 36% dari total penjualan," kata dia kepada katadata.co.id, Senin (29/7).

Di urutan berikutnya, penjualan Daihatsu disumbang oleh varian Terios 17%, Ayla sebanyak 16%, dan Xenia sebanyak 11%.

(Baca: Mitsubishi Capai Penjualan 4.055 Unit di GIIAS 2019, Terbanyak Xpander)

Perusahaan otomotif  lain yang juga beroperasi di bawah naungan Grup Astra, PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat penjualan mobil sebesar 6.128 unit atau naik tipis 1,76% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. 

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, penyelenggaraan event tahunan GIIAS  menarik untuk menggairahkan pasar, terlebih dengan meredanya sentimen negatif akibat perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok serta Pilpres 2019.

Avanza dan Kijang Innova masih mendominasi pencapaian perolehan pesanan selama GIIAS berlangsung. "Hal ini membuktikan bahwa pasar otomotif Indonesia masih di dominasi oleh kendaraan penumpang Multi Purpose Vehicle 7 seaters," ujarnya lewat pesan singkat kepada katadata.co.id.

Dia berharap, realisasi tersebut bisa mencerminkan pertumbuhan positif pasar otomotif Indonesia kedepan.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi juga sebelumnya menyatakan optimistis target penjualan kendaraan sepanjang tahun ini bisa menembus 1,1 juta unit.

Namun, dia masih enggan menyebutkan total penjualan yang dicapai selama GIIAS 2019. Penghitungan penjualan, menurutnya masih dilakukan dalam sepekan ke depan.

(Baca: Ditopang Avanza, Toyota Catat Penjualan 6.128 Mobil di GIIAS 2019)

Ditopang dengan peluncuran 41 produk kendaraan baru, Gaikindo sebelumnya menargetkan, penjualan kendaraan pada GIIAS 2019 tumbuh 5-10%, atau serupa dengan pertumbuhan pada tahun lalu.

Namun, Gaikindo tidak mengumumkan realisasi pemesanan kendaraan selama GIIAS 2018 . Berdasarkan data yang dihimpun dari masing-masing APM diketahui bahwa tahun lalu, penjualan Toyota mencapai 6.022 unit, Honda 5.541 unit, Mitsubishi 4.509 unit, dan Suzuki 2.223 unit.

Kemudian, Mazda sebanyak 1.079 unit, Mitsubishi Fuso 775 unit, Daihatsu 716 unit, DFSK 316 unit, serta Tata Motors 190 unit.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha