WhatsApp Bakal Luncurkan Layanan Pembayaran Digital Akhir Tahun Ini

Cindy Mutia Annur
29 Juli 2019, 09:53
Aplikasi pesan singkat WhatsApp akan meluncurkan layanan pembayaran digital, WhatsApp Pay pada akhir tahun ini di India.
PXHERE.COM
Aplikasi pesan singkat WhatsApp akan meluncurkan layanan pembayaran digital, WhatsApp Pay pada akhir tahun ini di India.

WhatsApp akan merilis fitur pembayaran digitalnya (digital payment) yang diberi nama WhatsApp Pay di India akhir tahun ini. Aplikasi pesan singkat tersebut memastikan bahwa perusahaannya akan mematuhi peraturan yang diterapkan oleh bank sentral di negara setempat dan menjaga kerahasiaan data penggunanya.

Kepala WhatsApp Global Will Cathcart mengatakan, peluncuran WhatsApp Pay bertujuan untuk meningkatkan inklusi digital di India. "Kami dapat meluncurkan layanan (pembayaran) di seluruh negeri akhir tahun ini setelah memenuhi peraturan," ujarnya seperti dikutip dari Hindustan Times, Minggu (28/7).

Adapun, layanan peer-to-peer berbasis Unified Payments Interface (UPI) tersebut pertama kali diumumkan pada Februari tahun lalu dalam mode uji coba (beta version) terhadap 1 juta orang. Namun, peluncuran resmi layanan WhatsApp Pay terhenti setelah perusahaan itu dikabarkan gagal memenuhi pedoman kerangka pembayaran digital dari regulator perbankan India.

Pasalnya, WhatsApp, yang diperkirakan memiliki 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia, memiliki kontroversi di India terkait penyimpanan dan privasi data penggunanya. Sebelumnya India bersikeras agar penyimpanan data pengguna layanan tersebut tetap harus berada di negaranya.

(Baca: Instagram, Facebook, dan WhatsApp Bermasalah Lagi di Seluruh Dunia)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...