Produksi Rendah, Kadin Usul Pemerintah Garap Peremajaan Kebun Kelapa

Rizky Alika
30 Juli 2019, 18:28
 Peremajaan, Perkebunan Kelapa, Kadin
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Sejumlah pohon kelapa di bibir pantai Cinangka, Serang, Banten, Selasa (25/12/2018). Pemerintah didorong melakukan peremajaan tanaman kelapa.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengusulkan agar pemerintah melakukan peremajaan kebun kelapa rakyat. Hal ini dilakukan guna meningkatkan produksi kelapa  yang  rendah akibat banyak tanaman berumur tua.

Wakil Ketua Komite Ketahanan Pangan Kadin Suharyo Husen mengatakan industri perkebunan kelapa dalam negeri memiliki prospek yang besar. Hanya saja, tidak dikembangkan secara maksimal, ditambah usia tanaman yang sudah tua.

"Peremajaan (kebun kelapa) ini tugas pemerintah. Produksi kelapa petani itu rendah sekali, di bawah 6 ton per hektare," kata Suharyo di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (30/7).

(Baca: Genjot Ekspor, Kementan Garap Komoditas Potensial Daerah Perbatasan)

Dia mengatakan, luas perkebunan kelapa di Indonesia saat ini mencapai 3,7 hektare. Dari jumlah tersebut 97% didominasi oleh perkebunan rakyat.

Sayangnya, kelapa yang dimiliki petani tersebut rata-rata sudah berusia tua dan hanya diolah secara sederhana. Adapun peremajaan perkebunan kelapa hingga saat ini belum banyak dilakukan karena terkendala modal. Sehingga dampaknya, terjadi penurunan produksi kelapa.

Selain itu,  berbeda dengan komoditas lain seperti karet atau kelapa, untuk komoditas  kelapa tidak ada jaminan bakal terserap maksimal. Padahal, kelapa merupakan komoditas pertanian yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan bernilai tambah. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...