Komnas HAM Akan Sampaikan Hasil Investigasi Kerusuhan Mei pada Jokowi

Muchamad Nafi
30 Juli 2019, 09:59
Komnas HAM Akan Sampaikan Hasil Investigasi Kerusuhan Mei pada Jokowi
Sejumlah peserta aksi Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat saat melakukan unjuk rasa di depan gedung Bawaslu, Jakarta, 22 Mei 2019. Aksi 22 Mei tersebut merupakan bentuk menyikapi hasil rekapitulasi Pemilu 2019 oleh KPU RI.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan mengumumkan laporan sementara hasil investigasi tim pencari fakta terkait kerusuhan 20-23 Mei 2019 kepada publik pada pertengahan Agustus. Di dalamnya bakal ada kesimpulan dan rekomendasi untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Selain rekomendasi untuk dijalankan Jokowi sebagai penanggung jawab, saran tindak lanjut hendak diserahkan ke kepolisian. Juga, kata Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM/Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara di Jakarta, Senin kemarin, “Kepada DPR RI dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.”

Menurut Beka, dalam laporan sementara yang disampaikan kepada publik ada kesimpulan yang dapat memberikan gambaran pelanggaran HAM tersebut, apakah ada kekerasan berlebih oleh polisi atau pengabaian proses penerimaan korban oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta, dan sebagainya.

Hingga kemarin, Komnas HAM masih melakukan konsinyering untuk menyelesaikan laporan sebelum disampaikan kepada publik. Sebelum itu, Komnas HAM mengajukan laporan tersebut dalam sidang paripurna untuk mengetahui apakah disetujui atau perlu ada pendalaman lagi hasil investigasi tersebut dan temuan sementara.

Terkait adanya pertemuan dengan pihak kepolisian selama investigasi berlangsung, menurut Beka, hal itu untuk keperluan koordinasi dan konfirmasi. Pihaknya meminta keterangan atas temuan-temuan yang sudah ada di Komnas HAM. Karena itu, Komnas HAM memanggil anggota tim pencari fakta untuk memperbaharui temuan dan penyelidikan yang diperoleh.

“Kedua untuk koordinasi. Memudahkan Komnas HAM untuk memanggil, misalnya, Komandan Brimob atau Polres Jakarta Barat. Jadi selain ada temuan ada koordinasi juga,” ujarnya. (Baca Juga: Polisi Ungkap Ciri-Ciri Penembak Korban Tewas saat Kerusuhan 22 Mei)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...