Persaingan Ketat, Peretail Konvensional dan Online Rebutan Karyawan

Rizky Alika
30 Juli 2019, 07:27
persaingan ritel, konvensional dan online
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, aktivitas belanja di sebuah supermarket. Persaingan bisnis peritel konvensional dengan ritel online semakin ketat.

Persaingan perdagangan antara ritel offline dan online semakin ketat. Ritel offline bahkan harus menghadapi persaingan pembajakan karyawan oleh peritel online.

CEO Lotte Group Joseph Buntaran mengatakan karyawan ritel konvensional kerap pindah bekerja ke bisnis online karena mendapatkan tawaran gaji yang tinggi. "Repotnya lagi pembajakan karyawan dengan bayaran luar biasa tinggi, gajinya hampir dua kali lipat," kata Joseph di Grand Mercure Hotel, Jakarta, Senin (29/7).

Sementara ritel offline tidak bisa menaikkan gaji karyawan karena meningkatkan biaya operasional. Maklum saja, sebesar 40-50% anggaran ritel digunakan untuk biaya operasional. Biaya tersebut cukup besar karena ritel offline memiliki jumlah karyawan yang lebih banyak.

Sedangkan karyawan ritel online biasanya lebih sedikit sehingga biaya operasional tidak besar. Ditambah dengan biaya logistik yang dapat ditekan karena pengiriman barang dilakukan tanpa biaya. Satu-satunya risiko ritel online adalah menjual produk dengan potongan harga yang tingggi. "Makanya pemain online bisa jual rugi," ujarnya.

Joseph pun berharap pemerintah segera menerapkan aturan setara antara ritel offline dengan pedagang online. Sebab, munculnya ritel online telah berpengaruh terhadap kinerja ritel offline.

(Baca: Retail Offline Tutup Gerai, Marketplace Bahan Pangan Justru Menjamur)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...