Harga Minyak Naik 3%, Dipicu Ancaman Tarif Baru Trump ke Tiongkok

Image title
3 Agustus 2019, 12:00
harga minyak hari ini, ancaman tarif trump ke tiongkok, perang dagang
Chevron
Ilustrasi. Harga minyak naik sekitar 3% pada perdagangan kemarin waktu Amerika Serikat (AS) atau Sabtu pagi WIB (3/8). Kenaikan ini terjadi sehari setelah mencatat penurunan harian terbesar.

Harga minyak naik sekitar 3% pada perdagangan kemarin waktu Amerika Serikat (AS) atau Sabtu pagi WIB (3/8), sehari setelah mencatat penurunan harian terbesar. Kenaikan ini terjadi setelah Presiden AS Donald Trump mengeluarkan ancaman memberlakukan tarif barang impor asal Tiongkok.

Tarif baru Washington di Tiongkok, yang mulai berlaku pada 1 September 2019, mengintensifkan perang dagang antara dua negara dengan perekonomian terbesar dunia. Prediksinya, jika hal ini terus berlangsung, maka ekonomi dunia melambat dan mengganggu permintaan minyak mentah.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman Oktober ditutup pada U$ 61,89 per barel, naik US$ 1,39, atau 2,30%. Harga acuan global ini turun lebih dari 7% pada Kamis lalu, penurunan harian tertajam dalam lebih dari tiga tahun.

Sedangkan, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September berakhir pada US$ 55,66 per barel, naik US$ 1,71, atau 3,17%, setelah anjlok hampir 8% pada Kamis, kerugian terbesar dalam lebih dari empat tahun.

(Baca: Setelah Sempat Anjlok Hingga 7%, Harga Minyak Hari Ini Stabil)

Untuk pekan ini, Brent kehilangan sekitar 2,7%, sementara WTI turun sekitar 1,2%. Sebelum penurunan pada Kamis lalu, minyak mentah berjangka telah melihat reli yang rapuh karena tekanan prospek permintaan global yang goyah.

“Pasar masih mencerna dampak tarif pada pasar minyak, tetapi mengingat Tiongkok telah mengambil sangat sedikit minyak mentah AS tahun ini, kami melihat sedikit ruang untuk tarif yang secara langsung berdampak pada fundamental pasar,” kata Ryan Fitzmaurice, analis RoboResearch Commodities Strategist.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...