Uni Eropa Nominasikan Kristalina Georgieva Pimpin IMF

Hari Widowati
3 Agustus 2019, 10:41
Direktur Eksekutif Bank Dunia Kristalina Georgieva (paling kiri) bersama Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed (tengah) dan Direktur Bank Dunia untuk Bangladesh Mercy Tembon (kanan). Georgieva dicalonkan oleh Uni Eropa sebagai pemimpin Dana Mone
TWITTER/KRISTALINA GEORGIEVA
Direktur Eksekutif Bank Dunia Kristalina Georgieva (paling kiri) bersama Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed (tengah) dan Direktur Bank Dunia untuk Bangladesh Mercy Tembon (kanan). Georgieva dicalonkan oleh Uni Eropa sebagai pemimpin Dana Moneter Internasional (IMF) menggantikan posisi yang ditinggalkan Christine Lagarde.

Pemerintah Uni Eropa menominasikan Kristalina Georgieva dari Bulgaria sebagai kandidat dari wilayah tesebut untuk memimpin Dana Moneter Internasional (IMF). Georgieva saat ini merupakan kepala eksekutif Bank Dunia.

Perempuan berusia 65 tahun ini mengalahkan kandidat dari Belanda, Jeroen Dijsselbloem, seorang politisi yang juga mantan menteri keuangan zona euro. Georgieva mendapatkan dukungan dari mayoritas 28 negara anggota Uni Eropa. "Selamat, Georgieva terpilih sebagai kandidat dari Eropa untuk memimpin IMF," kata Menteri Keuangan Zona Euro Mario Centeno, seperti dikutip Antara, Sabtu (3/8).

Centeno berpesan agar dalam kepemimpinannya di IMF nanti Georgieva bisa menegakkan IMF sebagai simbol multilateralisme di tengah eskalasi ketegangan global. Georgieva adalah politisi kanan tengah yang tumbuh di era komunisme Bulgaria sebelum berkarier di Bank Dunia dan Komisi Eropa.

Sebagian besar negara anggota Uni Eropa mendukung Georgieva. Meskipun, pencalonannya membutuhkan perubahan peraturan IMF yang mengharuskan direktur pelaksana berusia di bawah 65 tahun ketika diangkat. Aturan itu bisa melemahkan kandidat Eropa jika sejumlah besar negara anggota IMF menentangnya.

Namun, seorang pejabat Uni Eropa mengatakan dukungan dari negara-negara Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) cukup untuk mengubah peraturan IMF yang secara historis didominasi oleh blok negara-negara Barat. Menurut dokumen IMF, perubahan peraturan untuk menghapus atau mengubah batas usia direktur eksekutif memerlukan persetujuan oleh mayoritas suara dewan.

Menurut sumber Reuters, Prancis yang memimpin proses seleksi di Eropa telah mendapat dukungan dari AS. Dalam wawancara dengan Reuters pada Juli lalu, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin memuji pekerjaan Georgieva.

Kristalina Georgieva akan menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Christine Lagarde. Seperti diketahui, Lagarde mengundurkan diri pada Juli lalu setelah para pemimpin Uni Eropa memilihnya untuk menggantikan Mario Draghi sebagai presiden Bank Sentral Eropa (ECB).

Presiden Bank Dunia David Malpass dalam pernyataan tertulis menyambut nominasi Georgieva. "Georgieva membawa kepemimpinan yang kuat dan pengetahuan negara yang mendalam," kata Malpass seperti dikutip Reuters.

Georgieva melalui unggahan di akun Twitternya mengatakan ia melepaskan tanggung jawabnya di Bank Dunia. Ia akan mengambil cuti administratif selama proses pencalonan di IMF berlangsung.

(Baca: Lepas IMF, Lagarde akan Jadi Wanita Pertama Pimpin Bank Sentral Eropa)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...