Diajak BNI ke Korea, Darwinah Bagikan Kisah Sukses

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
5 Agustus 2019, 10:47
BNI
BNI

Darwinah dan Nurchaeti adalah mantan pekerja migran Indonesia (PMI) yang sukses menjadi enterpreneur setelah pulang ke Tanah Air. Rasa senasib sepenanggungan dengan para PMI yang masih berjuang di luar negeri, mendorong keduanya menjadi pembicara dalam Sesi Edukasi yang digelar BNI bersama beberapa lembaga terkait di berbagai negara. Kali ini mereka berbagi kisah di Korea Selatan dan Singapura. 

Darwinah berbicara di depan sekitar 350 PMI yang hadir pada Sesi Edukasi yang digelar di Gimhae, Korea Selatan, Minggu, 4 Agustus 2019. Sedangkan di Singapura, Nurchaeti menceritakan pengalamannya di hadapan sekitar 300 PMI pada Minggu, 14 Juli 2019. 

Darwinah mengisahkan masa-masa perjuangannya hingga mampu berdikari. Kesuksesannya antara lain ditandai dengan didirikannya perusahaan dagang UD Kenanga Mandiri yang memproduksi berbagai makanan khas Indramayu, mulai dari keripik usus, keripik mangga, dan jus mangga. Produk yang dihasilkan para mantan PMI pun ikut dijajakan oleh Darwinah. Status UD Kenanga Mandiri telah meningkat menjadi Agen46 BNI, sehingga Darwinah pun dapat memberikan layanan perbankan bagi warga di sekitarnya.

Tidak hanya di Korea Selatan, Darwinah juga kerap meluangkan waktu untuk berbagi ilmu, antara lain menjadi pendamping kewirausahaan pada program Indonesia Business Link (IBL) di Indramayu, serta menjadi mentor kewirausahaan pada program capacity building yang diinisiasi Bank Indonesia dan Kementerian Ketenagakerjaan. 

Sejak 2016 hingga saat ini, Darwinah juga aktif sebagai pengajar sekaligus koordinator kegiatan kewirausahaan di Rumah Edukasi PMI yang didirikan oleh BNI di bawah naungan Program KAMI Bersama BNI di Indramayu. Kemampuan berbagi dan pengetahuannya itu dia dapatkan dari pengalaman panjang sebagai PMI di Hong Kong selama periode waktu 2004-2008. 

Seminar sehari yang dilaksanakan di Gimhae, Minggu, 4 Agustus 2019 ini dibuka oleh Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan Sondang Martha Samosir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...