Beda Tokoh dan Topik Bahasan dalam Ijtima Ulama Jilid I hingga IV

Pingit Aria
6 Agustus 2019, 14:29
Ribuan umat Islam melakukan zikir dan doa bersama saat Aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12).
Arief Kamaludin|KATADATA
Ribuan umat Islam melakukan zikir dan doa bersama saat Aksi Bela Islam III di kawasan silang Monas, Jakarta, Jumat (2/12).

Persaudaraan Alumni (PA) 212 kembali menggelar ijtima ulama jilid IV. Pertemuan tersebut di Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Senin (5/8) kemarin.

Berbeda dengan pertemuan terdahulu, ijtima ulama IV tidak mengundang tokoh dari partai koalisi pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. "Karena selesainya pemilu, dan pasangan calon 02 pun sudah membubarkan koalisi," kata Penanggung Jawab Ijtima Ulama IV, Yusuf Muhammad Martak.

Yang menarik, Hotel Lorin, Sentul yang menjadi lokasi ijtima ulama IV dan ijtima ulama III adalah milik Hutomo Mandala Putera alias Tommy Soeharto. Tommy memiliki bisnis perhotelan di bawah bendera PT Lor Internasional Hotel, di mana ia menjabat komisaris utama.

Tommy juga merupakan Ketua Umum Partai Berkarya, yang juga tergabung dalam PA 212 karena pernah sama-sama mendukung Prabowo-Sandiaga. Ketua DPP Berkarya, Badarudin Andi Picunang, membenarkan hotel tempat digelarnya ijtima ulama IV ini adalah milik Tommy.

(Baca juga: Ulama Terbelah, Jokowi Ingatkan Pilpres Tanpa Isu SARA)

Hanya, fasilitas itu tidak digunakan secara gratis. "Saya kira ijtima ulama IV mengambil tempat di Lorin bukan karena Pak Tommy. Mungkin alasannya karena para ulama merasakan kenyamanan di sana,” katanya.

Ada lima rekomendasi yang dihasilkan dalam ijtima ulama III yang turut dihadiri oleh Prabowo pada 1 Mei 2019 di Hotel Lorin. Di antaranya, telah terjadi kecurangan yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif dalam pemilu 2019. Forum ini juga mendesak Bawaslu dan KPU untuk memutuskan membatalkan, atau mendiskualifikasi pasangan calon 01 (Joko Widodo-Ma’ruf Amin).

Sebelumnya, ada sejumlah politisi dari beberapa partai politik yang diundang pada Ijtima Ulama I dan II yang memutuskan untuk mendukung pasangan calon Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019. Di antaranya, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Presiden PKS Sohibul Iman dan beberapa tokoh lain.

Sedangkan ijtima ulama IV turut dibuka oleh Rizieq Shihab melalui rekaman video dari Mekah, Arab Saudi. 

(Baca juga: Prabowo Janji Bawa Pulang Rizieq Shihab Jika Menang)

Ada delapan poin yang diputuskan dalam pertemuan ini, dari mulai upaya pemulangan Rizieq Shihab hingga seruan agar umat berinvestasi emas. Berikut rinciannya:

1. Menolak kekuasaan yang berdiri atas dasar kecurangan dan kezaliman serta mengambil jarak dengan kekuasaan tersebut.

2. Menolak segala putusan hukum yang tidak memenuhi prinsip keadilan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...