Berduka, Jokowi Kenang Sorban Hijau Pemberian Mbah Moen

Michael Reily
6 Agustus 2019, 12:47
mbah Moen, Jokowi
ANTARA FOTO/Akbar Nugraha Gumay
Joko Widodo dan KH Ma\'ruf Amin melenggang di Pilpres 2019 dengan dukungan kalangan NU, termasuk mbah Moen.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka atas meninggalnya Kiai Haji Maimoen Zubair yang biasa disapa Mbah Moen. Jokowi menyimpan sorban hijau pemberian Mbah Moen sebagai salah satu kenangan.

Jokowi mengungkapkan Mbah Moen adalah kiai yang kharismatik serta rujukan bagi umat Islam terutama tentang fikih. “Inalilahi Wainnailaihi Rojiun, telah berpulang ke Allah SWT, Kiai Haji Maimoen Zubair di Mekkah tadi pagi,” katanya di Istana Negara, Selasa (6/8).

(Baca: Ulama NU Mbah Moen Meninggal Dunia di Makkah)

Jokowi mengungkapkan pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia ikut berbela sungkawa atas wafatnya Mbah Moen. Menurutnya, Mbah Moen sangat gigih untuk menyampaikan pesan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai harga mati.

Dia juga telah memerintahkan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Mekkah untuk melakukan proses pemakaman. Namun, Jokowi belum mendapatkan laporan kemajuan paling baru. Sehingga, dia tidak tahu perkembangan terakhir proses pemakaman.

Jokowi menyatakan dia setiap bertemu dengan Mbah Moen selalu mendapatkan nasihat. Salah satu pertemuannya yang tak dilupakan saat dua kali kunjungan ke Pondok Pesantren Anwar Sarang.

“Saat tiba di sana Magrib dan diajak masuk ke kamar beliau. Kemudian saya dan Mbah Maimoen salat jamaah Maghrib di kamarnya beliau, beliau imami sendiri,” ujarnya.

(Baca: Mbah Moen, Ulama Pemersatu Bangsa yang Diperebutkan Jokowi dan Prabowo)

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...