Jokowi Kembali Ancam Copot Jenderal TNI/Polri Bila Kebakaran Hutan

Michael Reily
6 Agustus 2019, 18:53
Jokowi, Kebakaran Hutan, TNI-Polri
ANTARA FOTO/Rony Muharrman
Petugas TNI berusaha memadamkan semak belukar yang terbakar di tengah pekatnya asap ketika terjadi kebakaran lahan gambut di Pekanbaru, Riau, Sabtu (3/8/2019). Presiden Joko Widodo bahkan mengancam pencopotan jabatan TNI-Polri yang membiarkan kebakaran hutan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengancam copot pejabat tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang gagal mencegah kebakaran hutan dan lahan. Jokowi bahkan menyatakan telah menghubungi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk menindak tegas pencopotan jabatan apabila kebakaran masih terus terjadi.

Hal ini dikatakannya saat memberi sambutan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8). Presiden meminta kebakaran besar tak terulang karena merugikan ekonomi serta memalukan Indonesia di dunia internasional.

Advertisement

"Aturan main kita tetap masih sama. Saya ingatkan kepada Pangdam, Danrem, Kapolda, Kapolres, aturan yang saya sampaikan 2015 masih berlaku," kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Ancam Copot Kapolda dan Pangdam yang Biarkan Kebakaran Hutan)

Presiden juga memerintahkan adanya kolaborasi antara Kementerian dan Lembaga (K/L) serta TNI-Polri untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah hingga aparat di wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan. Dia menekankan pencegahan munculnya titik api penting untuk menekan kerugian negara.

Bukan tanpa sebab, Jokowi mengungkapkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi tahun 2015 pada lahan seluas 2,6 juta hektare merugikan perekonomian senilai Rp 221 triliun. Oleh sebab itu Jokowi memerintahkan  munculnya titik panas harus dapat diantisipasi.

Dia pun menyayangkan peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada pekan lalu karena menyebabkan kabut asap terbang ke negara tetangga. Apalagi mantan Walikota Solo itu akan bertolak ke Malaysia dan Singapura pada pekan ini.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement