Peran Dinamis Lingkungan terhadap Pengalaman Karyawan

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
6 Agustus 2019, 21:56
Karyawan
GoWork

Akhir tahun lalu, LinkedIn menyurvei 2.000 karyawan profesional tentang sebuah topik mengenai “kebahagiaan di tempat kerja” (kondisi yang kita perjuangkan, tetapi tidak selalu tercapai). Perusahaan impian, gelar terhormat, gaji sejahtera, fasilitas makanan gratis, serta cuti liburan tanpa batas mungkin membuat orang bahagia pada awalnya, tetapi setelah beberapa bulan, efeknya perlahan memudar.

Pada saat yang sama, ada sebuah pengalaman baru yang mewabah di berbagai perusahaan maju yang menghargai sumber daya manusia (SDM) seperti layaknya pelanggan, yaitu fokus baru terhadap pengalaman karyawan (employee experience atau EX).

EX ini tengah mencengkeram perhatian banyak pengelola tenaga kerja (HRD) di seluruh dunia. Pengalaman karyawan antara lain berbentuk prestasi karyawan, hubungan erat dan solidaritas sesama anggota, aplikasi teknologi, serta tunjangan hidup bermanfaat yang difasilitasi oleh ruang kerja perusahaan. Siklus pengalaman karyawan tersebut mulai dari proses perekrutan, hingga akhir masa jabatan mereka. Mutu dari setiap interaksi yang terjadi antara karyawan dan perusahaan diperhitungkan saat mengukur nilai relasi mereka.

Dari banyak lapisan interaksi perusahaan-karyawan yang menjadi faktor penting dalam pengalaman karyawan, aspek ruang kerja jauh lebih berat daripada aspek lainnya. Ruang kerja fisik merupakan jajaran elemen yang dapat disentuh, dilihat, dan bahkan dicium oleh karyawan. Elemen tersebut terdiri dari denah kantor, pemilihan furnitur, gaya dekorasi, serta kekayaan demografi karyawan perusahaan. Elemen lain yang juga penting adalah fasilitas dengan manfaat peningkatan mutu hidup, seperti keanggotaan gym gratis, makanan enak, dan area ramah tamah tempat karyawan dapat bersantai setelah seharian bekerja.

Vanessa Hendriadi, CEO dan Co-Founder GoWork, mengatakan, “Mulai dari gambar denah lokasi perdana GoWork, kami memahami pentingnya kebahagiaan pribadi sebagai pemicu kuat kreativitas dan bagaimana pengalaman karyawan memainkan peran penting bagi kesejahteraan perusahaan."

Advertisement

Ia menyebut GoWork senantiasa berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bermanfaat bagi karyawan dalam segala pengambilan keputusan perusahaan. "Tidak hanya dari segi gaya rancang, tetapi juga dalam kegiatan komunitas member, kemajuan teknologi, serta pemilihan lokasi strategis,” lanjutnya.


Dorong Semangat Belajar Intuitif Sesama Anggota GoWork
Di GoWork, para pemimpin tim dan eksekutif perusahaan startup dan blue-chip terkemuka didorong untuk menemukan tata letak kantor, peralatan, dan fasilitas terbaik guna membantu karyawan mereka berkembang. Hal tersebut dicapai dengan membantu perusahaan menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menciptakan pengalaman karyawan terbaik melalui solusi ruang kantor terpadu. Termasuk di antaranya ruang sosial kolaborasi yang mendorong peluang belajar silang, sembari menjunjung tinggi privasi bisnis.

Di luar itu, ada aplikasi seluler yang dikembangkan khusus menyediakan wadah digital bagi komunitas bisnis untuk terhubung, berbagi, dan berkolaborasi, sekaligus berfungsi sebagai pasar layanan bisnis. Aplikasi seluler pintar GoWork juga menyediakan akses untuk pemesanan ruang kerja, pembelian tiket acara, dan penagihan, cukup dengan satu tombol saja.

Vanessa mengatakan ketika perusahaan menjadi penyewa di GoWork, mereka cukup mendaftarkan alamat resmi mereka di salah satu alamat terkemuka lokasi GoWork untuk kepentingan hukum dan surat menyurat. Perusahaan tersebut memiliki fasilitas untuk menikmati cabang lain juga.

"Ini berarti bahwa dengan membuka kantor di GoWork, perusahaan secara praktis membuka 11 'kantor cabang' lainnya. Kondisi ini memicu kreativitas dan mencegah kebosanan bagi karyawannya," tambah Vanessa.

Saat ini GoWork mengoperasikan 11 coworking di lokasi yang telah dievaluasi dengan cermat, sehingga para anggota dapat menikmati kemudahan dan kenyamanan lokasi GoWork mana pun.

Di Jakarta,  GoWork tersedia di dekat banyak stasiun MRT, seperti Plaza Indonesia (MRT Bundaran HI), Chubb Square (MRT Dukuh Atas), Sahid Sudirman, Citylofts, Setiabudi One, dan Millennium Centennial Center (MRT Setiabudi Astra), Menara Rajawali (MRT Bendungan Hilir), Pacific Place (MRT Istora Mandiri), fX Sudirman dan Senayan City (MRT Senayan), dan Pondok Indah (MRT Haji Nawi).

Vanessa mengklaim GoWork bukan hanya menjadi mitra properti perusahaan-perusahaan, tetapi juga untuk membantu mempercepat pertumbuhan yang kuat bagi berbagai jenis perusahaan. Sebab, GoWork berusaha menyediakan ekosistem dan jaringan dukungan bisnis yang penting bagi wirausahawan dan perusahaan dalam berbagai jenis dan ukuran. "Saya mendorong calon penyewa atau anggota untuk mengakses semua informasi tentang GoWork melalui situs kami, go-work.com,” kata Vanessa.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement