PLN Potong Gaji Karyawan untuk Bayar Kompensasi Listrik Mati 2 Hari

Image title
6 Agustus 2019, 17:01
PLN potong gaji buat bayar kompensasi, listrik mati
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Plt Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sripeni Inten Cahyani menyampaikan keterangan kepada wartawan usai bertemu dengan pimpinan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (6/8/2019). PLN akan membayar kompensasi dengan memotong gaji karyawan.

Direksi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan akan memotong gaji karyawan untuk membayar kompensasi kepada masyarakat yang terkena dampak listrik mati massal pada 4-5 Agustus 2019, di sebagian wilayah Jawa.

Direktur Pengadaan Strategis 2 Djoko Rahardjo Abumanan mengatakan gaji dipotong dari bonus karyawan. Total kompensasi yang akan dibayarkan oleh PLN sebesar Rp 839 miliar yang akan ditanggung renteng oleh 40.000 karyawan.

Advertisement

"Karena di PLN itu ada yang namanya merit order, kalau kerja tidak bagus potong gaji," kata Djoko saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (6/8).

(Baca: 20 Juta Pelanggan Alami Listrik Mati, Kompensasi PLN Capai Rp 1 T)

Djoko menjelaskan  PLN tak memiliki sumber dana untuk membayar kompensasi, selain dari memotong gaji karyawan. PLN tak dapat menggunakan dana Penanaman Modal Negara (PMN) 2019 sebesar Rp 6,5 triliun dari pemerintah.  Apalagi menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dana PMN dan APBN tersebut hanya dapat digunakan untuk investasi dan biaya operasional. "PMN itu untuk investasi pembangunan, tidak boleh (bayar kompensasi), apalagi APBN," kata Djoko.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement