Proyek Blok Masela Dimulai, Inpex Sosialisasikan AMDAL

Image title
6 Agustus 2019, 18:53
blok masela, inpex corporation
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, penyusunan revisi rencana pengembangan Blok Masela. Proyek Blok Masela dimulai, Inpex melakukan sosialisasi dan konsultasi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Inpex Corporation melalui anak perusahaan Inpex Masela, Ltd. mulai melakukan sosialisasi dan konsultasi publik Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) proyek Lapangan Gas Abadi Blok Masela. Vice President Corporate Services Inpex Masela, Ltd. Nico Muhyiddin mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menjelaskan rencana pengembangan Blok Masela. 

Rencananya, Inpex akan membangun dan mengoperasikan sumur gas bawah laut serta fasilitas SURF (Subsea Umbilicals, Risers and Flowlines) di lepas pantai Arafura. Selain itu, Inpex juga akan membangun fasilitas pengolahan (FPSO) di lepas pantai Arafura, pipa gas bawah laut (GEP) dari FPSO ke fasilitas penerima gas (GRF) di darat, dan fasilitas kilang OLNG (Onshore Liquefied Natural Gas) di darat.

Advertisement

Sosialisasi AMDAL ini pertama kali dilakukan di Ambon dan dihadiri oleh Gubernur Provinsi Maluku atau yang mewakili, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dan beberapa instansi terkait lainnya di Maluku. Sosialisasi serupa juga akan dilaksanakan untuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada Kamis (8/8) di Saumlaki.

Kemudian dilanjutkan dengan konsultasi publik ke masyarakat di sejumlah desa yang berada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Pemerintah Indonesia telah menetapkan Kepulauan Tanimbar sebagai wilayah untuk pembangunan kilang darat LNG Abadi.

(Baca: Babak Baru Investasi Migas Blok Masela)

Dalam kegiatan tersebut, Inpex akan meminta saran, masukan, dan tanggapan (SPT) terkait pengembangan Blok Masela. SPT tersebut akan menjadi bahan bagi Inpex untuk melakukan pelingkupan dan identifikasi dampak potensial dalam Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (KA ANDAL). “Kami menampung saran, masukan dan tanggapan  dari berbagai pemangku kepentingan,” ujar Nico seperti dikutip berdasarkan keterangan tertulis, Selasa (6/8).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement