Lima Fakta LRT Cawang-Cibubur yang Akan Ujicoba Oktober 2019

Image title
Oleh Abdul Azis Said
7 Agustus 2019, 07:52
LRT Cawang-Cibubur, uji coba publik LRT Cawang-Cibubur, LRT Cawang-Cibubur beroperasi, uji coba LRT gratis
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Petugas proyek LRT Jabodebek di pembangunan Stasiun Taman Mini, Jakarta Timur, Senin (14/1). Proyek yang dibangun sejak September 2015 ini melayani 3 lintas pelayanan, yaitu Cawang-Cibubur; Cawang-Dukuh Atas; Cawang-Bekasi Timur.

Proyek light rail transit atau Lintas Raya Terpadu (LRT) trayek Cawang-Cibubur segera rampung. Pemerintah akan melakukan uji coba trayek tersebut mulai Oktober 2019 hingga April 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, rencana uji coba LRT Cawang-Cibubur telah disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Saat ini, gerbong kereta yang akan digunakan untuk uji coba juga telah tersedia di gudang milik PT Industri Kereta Api (INKA).

Berikut ini adalah lima fakta mengenai LRT Cawang-Cibubur yang Katadata kumpulkan dari berbagai sumber:

1. LRT Cawang-Cibubur melintasi lima stasiun
LRT Jabodebek trayek Cawang-Cibubur akan membentang sepanjang 13,7 km dan melintasi lima stasiun. Kelima stasiun tersebut adalah Stasiun Harjamukti dekat Cibubur Junction, Stasiun Ciracas, Stasiun Kampung Rambutan, Stasiun Taman Mini, dan Stasiun Cawang.

Saat rampung nanti, trayek ini akan menjadi penghubung LRT ke wilayah Bogor, dengan titik hubung di Stasiun Gunung Putri hingga stasiun akhir Bogor. Jalur relnya membentang di sisi tol Jagorawi, dari arah Cawang hingga Pasar Rebo, jalur LRT berada di timur tol sementara dari Pasar Rebo menuju Cibubur relnya di sebelah barat jalan.

(Baca: LRT, Alternatif Baru Transportasi Umum Modern di Jakarta)

2. Uji coba LRT Cawang-Cibubur akan dilakukan secara gratis
Masyarakat bisa mengikuti uji coba LRT Cawang-Cibubur secara gratis sebagaimana uji coba terhadap LRT trayek Kelapa Gading-Velodrome pada Maret dan Juni lalu. Prosedur yang diterapkan bisa melalui registrasi online ataupun tanpa registrasi.

Pada uji coba trayek Kelapa Gading-Velodrome, jadwal yang ditetapkan adalah pukul 16.00-20.00 WIB. Pendaftaran secara online dilakukan melalui tautan (link) yang disediakan pengelola LRT Jakarta. Setelah itu, masyarakat akan menerima tiket elektronik (e-ticket) melalui alamat surat elektronik (e-mail) yang didaftarkan. Jika skema uji coba tidak menggunakan registrasi online, masyarakat hanya perlu datang langsung ke stasiun dengan membawa kartu identitas.

(Baca: Pembangunan LRT Jabodebek Hanya 63%, Terkendala Pembebasan Lahan)

Pembebasan Lahan Menghambat Pembangunan LRT 

3. Pembangunan LRT molor setahun
Pembangunan LRT Jabodebek tahap 1 dengan rute Bekasi Timur – Cawang – Kuningan – Dukuh Atas, dan Harjamukti - Cawang ditargetkan dapat mulai beroperasi penuh mulai 2020. Namun, proyek ini terkendala pembebasan lahan sehingga LRT Jabodebek diperkirakan baru bisa beroperasi pada 2021.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...