LSM Minta Jokowi Singgung Perlindungan TKI Di Singapura-Malaysia

Michael Reily
7 Agustus 2019, 20:54
Jokowi, TKI, Internasional
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Ilustrasi. Migrant Care juga meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Singapura-Malaysia melindungi pekerja migran RI

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Migrant Care meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melindungi pekerja migran Indonesia di Singapura dan Malaysia. Apalagi, Jokowi akan mengunjungi Malaysia dan Singapura pada Kamis (8/8) hingga Jumat (9/8). 

Direktur Eksekutif Migrant CARE Wahyu Susilo mengatakan Jokowi harus berani meminta dua negara tetangga tersebut untuk berkomitmen terhadap perlindungan pekerja migran Indonesia.

Advertisement

Wahyu juga meminta Jokowi untuk memastikan akses keadilan bagi pekerja migran yang menjadi korban kekerasan. Salah satu kasus adalah meninggalnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bernama Adelina Sau di Malaysia. Menurutnya, kejadian serupa juga kerap menimpa pekerja RI di Singapura.

"Harus ada hal yang penting dan signifikan dari kunjungan ini," kata Wahyu dalam keterangan resmi, Rabu (7/8).

(Baca: Jokowi Janji Lindungi TKI di Luar Negeri)

Wahyu menduga praktik perekrutan langsung menggunakan sistem internet dalam untuk pekerja rumah tangga di Malaysia dan Singapura.Makanya ia berharap Jokowi memastikan penempatan pekerja migran tak menjadi ajang perdagangan manusia.

"Tetap harus ada mekanisme pengawasan yang memungkinkan negara bisa memberikan akses perlindungan terhadap pekerja migran," kata Wahyu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement