Tak Ada Lonjakan Tarik Tunai Dana di Bank selama Listrik Mati Massal

Agatha Olivia Victoria
7 Agustus 2019, 13:15
atm
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Ilustrasi ATM. Perbankan mengaku tak ada lonjakan penarikan tunai di mesin ATM selama listrik mati pada Minggu (4/8) yang berlanjut dengan pemadaman bergilir.

Kalangan perbankan menyatakan tak ada lonjakan penarikan tunai selama terjadinya listrik mati di hampir seluruh wilayah Jawa pada Minggu (4/8) yang berlanjut dengan pemadaman listrik bergilir keesokan harinya.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Nafas mengatakan penarikan uang tunai di ATM selama pemadaman listrik masih berlangsung masih normal.

"Penarikan di ATM normal saja. Kebanyakkan di pusat perbelanjaan menggunakan genset, sehingga mesin EDC yamg ada di merchant-merchant masih dapat berfungsi normal. Jadi untuk berbelanja masih bisa dilakukan secara nontunai," ucap dia saat dihubungi Katadata.co.id.

(Baca: PLN Potong Gaji Karyawan, Kompensasi Listrik Mati Berlaku Bulan Depan)

Hal senada turut dilontarkan Direktur Konsumer Bank CIMB Lani Darmawan dan Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra. Keduanya menyebut penarikan uang tunai tetap stabil saat pemadaman listrik.

Jan mengaku pihaknya terus memaksimalkan layanan perbankan dengan kondisi yang ada selama listrik mati dan terjadinya pemadaman bergilir. Layanan tersebut mencakup internet banking, mobile banking serta sebagian ATM agar tetap beroperasi. 
Saat ini, menurut Jan, layanan ATM telah normal kembali.

(Baca: Listrik Separuh Jawa Padam 2 Hari, Plt Dirut PLN: Penyebabnya Kompleks)

"Pada saat kejadian, hanya sekitar 1500 ATM yang tidak beroperasi dari total mendekati 18 ribu ATM BCA di seluruh Indonesia," tutup dia.

Saat terjadi listrik mati pada Minggu (4/8), jaringan internet dan air turut terimbas. Akibatnya sejumlah layanan perbankan juga sempat terganggu. 

Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...