Pertamina Data Masyarakat Penerima Kompensasi Tumpahan Minyak ONWJ

Image title
8 Agustus 2019, 19:19
pertamina, onwj
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Hidayat (58) selaku nelayan yang kini berprofesi mengumpulkan limbah tumpahan minyak Oil Spill yang tercecer milik Pertamina di Pesisir Pantai Cemarajaya, Karawang, Jawa Barat, Jumat (2/8/2019). Hidayat mengaku di bayar rp 100.000 dan satu buah bungkus nasi.

Pertamina masih mendata masyarakat yang berhak mendapatkan kompensasi dari kejadian tumpahan minyak Blok Offshore North West Java (ONWJ). Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu mengatakan, pihaknya akan berusaha untuk menyalurkan kompensasi bagi masyarakat yang terkena dampak secara tepat sasaran.

Pemberian kompensasi dilakukan agar masyarakat tidak merasa dirugikan dari tumpahan minyak Blok ONWJ, "Prinsipnya kami tidak ingin ada yang dirugikan akibat kejadian ini," ujar Dharmawan di Kantor Pusat Pertamina di Jakarta, Kamis (8/8)

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (PHE) Meidawati menyampaikan, salah satu bentuk kompensasi yang sudah diberikan Pertamina yakni berupa upah bagi para nelayan yang dilarang melaut selama penanganan tumpahan minyak. Upah tersebut diberikan bagi para nelayan yang telah membantu perseroan dalam menangkap ceceran minyak di laut.

(Baca: SKK Migas Minta Dukungan Menteri BUMN Tangani Tumpahan Migas Blok ONWJ)

"Nelayan memang sebetulnya belum musim melakukan penangkapan ikan, jadi kami mengerahkan mereka untuk membantu menangkap tumpahan minyak," kata Meidawati

Selain itu, Pertamina juga memberikan bantuan kesehatan bagi masyarakat sekitar yang terkena dampak kesehatan. Pertamina mendirikan posko kesehatan yang dilengkapi dengan 37 tenaga medis.

Sejauh ini Pertamina telah mengambil tumpahan minyak mencapai 3.965,71 barel yang berasal dari sumur YYA-1 Blok ONWJ. Pertamina juga telah mengumpulkan 1,047 juta karung pasir pantai yang mengandung minyak dengan rata per karung 4,6 kg. Lalu setiap karungnya diperkirakan memiliki kandungan minyak sebanyak 10%.

(Baca: Pertamina Kumpulkan Hampir 4.000 Barel Tumpahan Minyak Blok ONWJ)

Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...