TPS Food akan Dapat Suntikan Modal Rp 329 Miliar untuk Bayar Utang

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Happy Fajrian

8/8/2019, 17.26 WIB

Penambahan modal dilakukan untuk memperbaiki struktur permodalan perusahaan sekaligus menambah kas untuk membayar utang.

Suasana Bursa Efek Indonesia. PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (TPS Food) dengan kode emiten AISA akan melakukan penambahan modal melalui skema private placement. Penambahan modal ini dimaksudkan untuk memperbaiki permodalannya yang negatif serta liabilit
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Suasana Bursa Efek Indonesia. PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (TPS Food) dengan kode emiten AISA akan melakukan penambahan modal melalui skema private placement. Penambahan modal ini dimaksudkan untuk memperbaiki permodalannya yang negatif serta liabilitas perusahaan yang jauh melebihi total asetnya.

PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) atau TPS Food bakal mendapatkan suntikan modal senilai Rp 329,47 miliar dari PT FKS Food And Ingredients (FKS SI) melalui Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) alias private placement.

Rencana private placement tersebut dalam rangka memperbaiki kondisi permodalan TPS Food, yakni pos modal kerjanya yang negatif serta memiliki liabilitas lebih dari 80% dari aset perusahaan.

Dalam dokumen keterbukaan informasi yang dirilis oleh TPS Food pada Kamis (8/8) disampaikan, neraca hasil perhitungan internal per 31 Maret 2019, kondisi modal kerja bersih TPS Food tercatat negatif Rp 513,16 miliar. Sedangkan, jumlah liabilitas TPS Food tercatat sebesar Rp 4,13 triliun, atau mencapai 292,91% dari total aset sebesar Rp 1,41 triliun.

Berdasarkan analisa perusahaan, rencana penambahan modal ini akan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan konsolidasi TPS Food dan entitas anak, yakni memperbaiki struktur permodalan serta memperoleh modal kerja untuk membiayai kegiatan operasional.

(Baca: Kisruh Berlanjut, BEI Kaji Potensi Pelaporan Keuangan Kembali TPS Food)

Selain itu, dengan diterbitkannya saham-saham baru tersebut, uang kas perusahaan akan bertambah sesuai dengan total jumlah saham yang diambil FKS SI senilai Rp 329,47 miliar.

Lebih lanjut, TPS Food juga akan membayar utang sehingga terjadi penurunan rasio utang terhadap ekuitas perusahaan. Seperti diketahui, perusahaan dan para krediturnya telah bersepakat untuk melakukan restrukturisasi utang setelah kreditur mengajukan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

TPS Food dan FKS FI sendiri telah meneken perjanjian pengambilan saham baru. FKS FI menyatakan minatnya untuk mengambil bagian atas saham baru private placement tersebut, baik melalui FKS FI maupun melalui anak usahanya.

Dalam perjanjian tersebut, terdapat beberapa persyaratan antara lain dapat diterimanya hasil uji tuntas (due diligence), persetujuan pemegang saham TPS Food, dan terpenuhinya kondisi-kondisi prasyarat umum lainnya.

Untuk mendapatkan persetujuan dari pemegang saham, TPS Food dijadwalkan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Jumat (9/8).

(Baca: Butuh Dana Ekspansi dan Tekan Utang, TPS Food Jual Saham Baru 31,7%)

Ada pun, jumlah saham yang akan diterbitkan dalam rencana private placement ini, sebanyak-banyaknya 1,56 miliar saham Seri B yang masing-masing bernilai nominal Rp 200 dengan harga pelaksanaan Rp 210 per saham.

Jumlah saham baru yang diterbitkan TPS Food tersebut setara dengan sebanyak-banyaknya 32,77% dari jumlah seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah pelaksanaan aksi korporasi ini.

Dengan adanya penambahan saham baru tersebut, jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh perusahaan meningkat menjadi sebanyak-banyaknya 4,78 miliar saham yang terdiri dari saham Seri A dan Seri B.

Selain itu, sebagai akibat dari penambahan modal ini, porsi kepemilikan saham masing-masing investor akan mengalami penurunan (dilusi) sebesar-besarnya 32,77%.

Sebagai gambaran, saham seri A yang dipegang oleh masyarakat sebesar 4,19% bakal terdelusi menjadi 2,82%. Sementara, saham seri B yang pegang masyarakat sebanyak 57,51% bakal terdelusi menjadi 38,66%.

(Baca: TPS Food Jadwalkan Ulang Pembayaran Utang Hingga Satu Tahun Mendatang)

Lalu, JPMCB NA RE-Trophy Investors I Ltd yang memegang saham TPS Food sebesar 9,32% terdelusi menjadi 6,27%. Sementara, FKS FI jika jadi mengeksekusi private placement ini memegang 32,77% saham TPS Food.

FKS FI merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa manajemen lainnya, di mana mayoritas sahamnya dipegang oleh FKS Food And Agri Pte Ltd. FKS FI dapat melaksanakan kegiatan usaha berupa bantuan nasihat, bimbingan operasional usaha dan permasalahan organisasi.

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN