Daftar Kendala Bisnis Menurut Pengusaha, dari Perizinan sampai Listrik

Michael Reily
9 Agustus 2019, 17:36
Seorang pekerja di pabrik pabrik PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia di pabrik Yamaha, Pulo Gadung Jakarta Timur pada hari ini Senin (3/12)
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang pekerja di pabrik pabrik PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia di pabrik Yamaha, Pulo Gadung Jakarta Timur pada hari ini Senin (3/12)

Birokrasi masih dianggap sebagai faktor penghambat investasi. Di tengah situasi global yang penuh ketidakpastian, banyak aturan tumpang tindih di dalam negeri mengurangi daya tarik bagi pelaku usaha.

"Jangan lupa untuk dalam negeri masih punya regulasi yang jadi permasalahan sekali," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (9/8).

Dia mencontohkan, janji pemerintah untuk memberikan diskon tarif listrik di luar jam operasional belum terealisasi. Lalu, harga gas yang sebesar US$ 6 juga belum jadi kebijakan. Selain itu, lamanya dwelling time juga masih jadi penghambat kegiatan ekspor impor.

Hariyadi mengungkapkan, beberapa paket kebijakan yang dirilis pemerintah juga belum efektif. Sehingga, pengusaha meminta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk memberikan solusi.

(Baca: Sri Mulyani Minta Birokrasi Dibenahi agar Investasi Genjot Ekonomi)

"Semua yang terkait dengan kemudahan berusaha, penciptaan lapangan kerja, efisiensi biaya itu semua harus jadi perhatian. Kalau tidak, kita kehilangan daya saing," ujar Hariyadi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...