Menko Darmin Akui Ekonomi Indonesia Kalah Efisien Dibandingkan Vietnam

Michael Reily
9 Agustus 2019, 11:40
darmin nasution, investasi, pertumbuhan ekonomi, Indonesia, Vietnam
Arief Kamaludin (Katadata)
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengaku ekonomi Indonesia kalah efisien dibanding Vietnam.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan rasio investasi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia masih kalah jika dibanding  Vietnam. 

Darmin mengungkapkan, rasio investasi terhadap pertumbuhan ekonomi (ICOR) nasional masih mencapai 6,6% sehingga pertumbuhan ekonomi hanya 5,1%. Padahal, Vietnam memiliki tingkat ICOR hanya sekitar 4,6% dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 7%. Adapun semakin tinggi rasio investasi terhadap pertumbuhan ekonomi, semakin rendah tingkat efisiensi produksi nasional.

"Penting sekali kita rancang dengan tepat konfigurasi investasi sehingga ekspor juga bisa didorong lebih tinggi lagi," kata Darmin di Jakarta, Jumat (9/8).

(Baca: Hadapi Perang Dagang, Saatnya Indonesia Mengejar Vietnam)

Ia mengungkapkan investasi yang dibangun harus mampu meningkatkan hilirisasi produk di Tanah Air sehingga industri bisa lebih efisit. Saat ini, menurut dia, pelaku usaha kurang mendorong proses industrialisasi terutama pada Sumber Daya Alam (SDA), seperti sektor pertambangan, kehutanan, dan kelautan.

Kendati demikian, ia menyebut pemerintah sudah melakukan pembangunan infrastruktur selama lima tahun terakhir. Sehingga, pertumbuhan ekonomi seharusnya terdorong dengan pemanfaatan yang tepat. "Optimalisasi pemanfaatan infrastruktur, itu yang lebih tepat," jelasnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...