Netflix Kontrak Duo Kreator Game of Thrones Senilai Rp 2,8 Triliun

Penulis: Pingit Aria

9/8/2019, 15.57 WIB

Netflix harus bersaing dengan HBO, Amazon, dan Disney untuk merekrut David Benioff dan D.B Weiss yang sukses membidani Game of Thrones.

Game of Thrones Season 8
WWW.HBO.COM

Netflix merekrut duo kreator serial HBO 'Game of Thrones', yaitu David Benioff dan D.B Weiss. Keduanya diikat kontrak tahun jamak senilai US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun untuk membuat beberapa film dan serial.

Netflix harus bersaing dengan beberapa perusahaan seperti HBO, Amazon, dan The Walt Disney untuk memboyong keduanya.

Bagaimanapun, Benioff dan Weiss akan melanjutkan produksi film Starwars yang telah disepakati dengan Disney. Bagian pertama trilogi ini akan dirilis pada 16 Desember 2022.

(Baca juga: Pertumbuhan Penonton Streaming Video Melebihi Bioskop)

Terkait kontrak yang baru diteken ini, Benioff dan Weiss mengaku memiliki selera yang sama dengan Netflix, dari film, buku, dan cara bercerita.

"Netflix telah membangun sesuatu yang menakjubkan dan belum pernah terlihat sebelumnya. Kami merasa terhormat mereka mengundang kami untuk bergabung," demikian pernyataan keduanya, dikutip The Hollywood Reporter, Kamis (8/8).

Begitu pun Chief Content Officer Netflix Ted Sarandos menyatakan antusias menyambut Benioff dan Weiss yang telah 10 tahun menggarap Game of Thrones. “Mereka adalah kekuatan kreatif yang telah menghibur penonton di seluruh dunia dengan cerita yang luar biasa," kata Sarandos.

Game of Thrones adalah tayangan yang menggambarkan kerajaan fiksi di Westeros. Sepanjang delapan musim, serial ini menjadi acara terlaku HBO. Jumlah penonton resmi serial ini mencapai 17,4 juta orang lewat tiga platform, yaitu kabel televisi, serta HBO Go dan HBO Now. Jumlah itu belum termasuk penonton ilegal.

(Baca juga: Episode Pertama Game of Thrones Musim ke-8 Dibajak 55 Juta Kali)

Mengutip laporan Variety, bujet Game of Thrones season 1 yang tayang pada 2011 lalu, sama dengan serial HBO lainnya yaitu di kisaran US$ 6 juta per episode. Bujet membengkak pada season kedelapan menjadi US$ 15 juta atau Rp 211 miliar per episode seiring masa produksi yang lebih menyerupai film dibandingkan serial televisi.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan