Grup Lion Tambah Penerbangan di Bandara Bandung

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Safrezi Fitra

10/8/2019, 12.08 WIB

Pembukaan rute baru dari Bandung terdiri ke kota tujuan Pangkalpinang, Tanjung Pandan, Bengkulu dan Jambi.

Lion Air, Bandara Husein Sastranegara, Bandara Bandung, Bandara Kertajati, penerbangan
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Grup Lion Air menambah rute dan frekuensi penerbangan Wings Air di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Dengan penambahan penerbangan baru ini, Wings Air menjanjikan tingkat ketepatan waktu penerbangannya mencapai 90 persen.

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan ada empat rute baru yang dibuka dari bandara tersebut. "Pembukaan rute baru dari Bandung terdiri ke kota tujuan Pangkalpinang, Tanjung Pandan, Bengkulu dan Jambi," tulisnya dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (9/8).

Kemudian, ada pula penambahan frekuensi satu kali terbang dari Bandung yakni menuju Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang. Adapun penambahan jaringan baru tersebut diresmikan oleh Direktur Operasi Wings Air Redi Irawan beserta pewakilan masing-masing pusat layanan operasional (station) Lion Air Group dan pihak terkait. 

(Baca: 13 Rute Penerbangan dari Bandara Husein Pindah ke Bandara Kertajati)

Dengan adanya penambahan jaringan baru ini, frekuensi penerbangan Wings Air dari Bandara Husein Sastranegara meningkan hampir dua kali lipat. Saat ini ada 18 frekuensi penerbangan pulang-pergi (PP) dari Bandung. "Kehadiran penambahan layanan pada destinasi instagenic saat ini menjadikan Wings Air memiliki frekuensi rata-rata per hari 34 PP," ucap Danang.

Secara rinci, untuk rute Bandung-Pangkalpinang, Bandung-Jakarta Halim serta Bandung-Solo terdapat satu kali penerbangan per hari. Rute Bandung-Tanjung Pandan, Bandung-Bengkulu serta Bandung-Jambi terdapat satu kali penerbangan setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

Kemudian untuk rute Bandung-Semarang, Bandung-Bandar Lampung dan Bandung-Yogyakarta akan terdapat dua kali penerbangan per harinya. Sementara, akan ada lima kali penerbangan per hari pada rute Bandung-Surabaya.

Danang menambahkan, untuk rute baru dan penambahan frekuensi terbang satu kali per hari sudah mulai efektif dimulai dari penerbangan perdana pada 9 Agustus 2019.

(Baca: Penerbangan Luar Jawa di Bandara Husein Dialihkan ke Bandara Kertajati)

Penambahan penerbangan Wings Air ini dilakukan setelah pengelola bandara PT Angkasa Pura II memindahkan penerbangan beberapa maskapai dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati.  Pemindahan ini adalah keputusan pemerintah, sesuai dengan hasil rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Mei lalu.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN