Fatar Yani, Praktisi Kawakan Migas di Kursi Wakil Kepala SKK Migas

Image title
12 Agustus 2019, 19:20
skk migas
Indonesian Petroleum Association (IPA)
Fatar Yani dilantik sebagai Wakil Kepala SKK Migas pada Senin (12/8). Fatar telah berkecimpung di industri hulu migas sejak 30 tahun lalu.

Fatar Yani Abdurahman resmi dilantik menjadi Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada Senin (12/8). Fatar menggantikan Sukandar yang lengser dari jabatannya karena telah memasuki usia pensiun.

Pria kelahiran Jakarta 12 Oktober 1965 ini mempunyai segudang pengalaman di industri hulu migas dengan berbagai penugasan di bidang operasi dan produksi, kilang, perencanaan bisnis, hingga Health Safety Security Environment (HSSE).  Fatar memulai karirnya di industri hulu migas sebagai Junior Petroleum/Reservoir Engineer di ARCO Indonesia pada tahun 1989. Kemudian ia juga pernah menjabat sebagai Operations Planning and Business Analysis Manager di ExxonMobil Oil Indonesia.

Di samping itu, pria kelahiran Jakarta ini juga pernah bekerja di ConocoPillips Indonesia sebagai Block B Natuna Western Hub Field Operations Manager. Kemudian Fatar juga sempat pernah bekerja sebagai Operations Manager di Petronas Carigali.

Latar belakang pendidikan Fatar memang sejalan dengan karirnya. Dia menempuh pendidikan strata I di Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1989. Kemudian, merampungkan studinya sebagai Diploma Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Internasional di British Safety Council, London pada tahun 1996.

Selain itu, ia memegang sejumlah sertifikat yang berkaitan dengan kegiatan hulu migas, seperti Operasi Bisnis Bersertifikat (CBOP) daru IAPM Autralia, Asesor Manajer Instalasi Lepas Pantai Bersertifikat (OIM) dari BTEC UK, serta berbagai kursus lainnya.

(Baca: SKK Migas Terus Investigasi Tumpahan Minyak Pertamina)

Setelah menjabat sebagai wakil kepala SKK Migas, Fatar ingin memaksimalkan produksi migas siap jual (lifting). Maklum saja, realisasi lifting migas Indonesia dari tahun ke tahun terus turun.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...