Harga Rumah Tipe Kecil Diramal Naik Paling Tinggi pada Kuartal III

Agustiyanti
12 Agustus 2019, 11:25
harga rumah, properti, kpr
ANTARA FOTO/Seno
Ilustrasi. Survei Harga Properti Residensial BI memproyeksi harga rumah untuk semua tipe meningkat pada kuartal III 2019, dengan kenaikan tertinggi pada rumah tipe kecil.

Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia (BI) memproyeksi harga rumah pada seluruh tipe meningkat pada kuartal III 2019. Kenatikan terutama terjadi pada rumah tipe kecil yang diperkirakan meningkat 1,82% secara tahunan.

Hal ini terindikasi dari kenaikan Indeks Harga Properti Residensial pada kuartal III 2019 sebesar 0,76% secara kuartalan, lebih tinggi dari kuartal sebelumnya 0,2%. Sedangkan secara tahunan, kenaikan harga properti residensial diproyeksi meningkat sebesar 1,82%.

"Kenaikan harga rumah terjadi pada semua tipe, dengan kenaikan tertinggi pada tipe rumah yang meningkat dari 0,37% (quartal to quartal/qtq) menjadi 0,76%," tulis Survei BI yang dipulikasikan pada Senin (12/8).

(Baca: Rumah DP Nol Rupiah Gelombang II Kembali Dibuka, Ini Syaratnya)

Adapun secara tahunan, rumah tipe kecil diperkirakan mengalami kenaikan harga sebesar 3,26%, lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya sebesar 2,8%. Kenaikan harga rumah tertinggi diperkirakan terjadi di kota Medan.

Kondisi kenaikan pertumbuhan harga rumah pada kuartal ini berbanding terbalik dibanding kuartal sebelumnya yang mengalami perlambatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...