BTN Duga Bisnis Properti Lesu karena Kaum Milenial Pilih Sewa Hunian

Image title
13 Agustus 2019, 19:48
btn, bank, kpr
BTN menduga budaya generasi milenial yang tak begitu mementingkan kepemilikan tempat tinggal menjadi salah satu penyebab penurunan penjualan rumah.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menduga perubahan budaya generasi milenial yang kini tak begitu mementingkan kepemilikan tempat tinggal menjadi salah satu penyebab penurunan penjualan rumah. 

Berdasarkan hasil Survei Properti Residensial di pasar primer oleh Bank Indonesia (BI), penjualan properti residensial pada kuartal II 2019 turun 15,29% dibanding kuartal sebelumnya. Berbanding terbalik dibanding kuartal  2019 yang tumbuh 23,77%.

"Ada perubahan budaya di milenial, mereka mementingkan kehidupan-kehidupan untuk yang sesaat saja," kata Direktur Utama BTN Maryono ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (13/8).

Menurut dia, banyak generasi milenial yang lebih memilih menyewa apartemen ketimbang membeli rumah. Hal ini berbeda dengan generasi sebelumnya yang lebih mementingkan untuk memiliki tempat tinggal tetap meski berada jauh dari lokasi tempat bekerja.

Advertisement

(Baca: Dilarang Jokowi Ganti Pengurus, Manajemen BTN Singgung Agenda RUPSLB)

Selain itu, menurut dia,  kondisi perekonomian makro seperti dan nilai tukar yang melemah juga turut mempengaruhi. Faktor lain, lanjut dia, perizinan hunian yang terlalu panjang dan harga tanah yang tinggi juga menjadi penyebab turunnya penjualan properti. 

Hingga semester I 2019, BTN mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 18,78% secara tahunan menjadi Rp 251,04 triliun. Pertumbuhan penyaluran kredit Bank BTN masih ditopang segmen kredit perumahan. Lini bisnis tersebut mencatatkan pertumbuhan sebesar 19,72% secara yoy menjadi Rp 173,61 triliun. 

Segmen kredit perumahan tersebut ditopang melesatnya penyaluran KPR Subsidi yang tumbuh hingga 27,55% menjadi senilai Rp 90,75 triliun pada Juni 2019. Sementara itu, penyaluran KPR Non-subsidi BTN pun tercatat naik sebesar 13,08%menjadi Rp 74,39 triliun per Juni 2019.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement