Ekspor CPO Terhambat, Pemerintah Lirik Pasar Baru di Amerika Selatan

Rizky Alika
13 Agustus 2019, 12:21
kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Petani memanen buah kelapa sawit di salah satu perkebunan kelapa sawit di Desa Delima Jaya, Kecamatan Kerinci, Kabupaten Siak, Riau. Adanya hambatan ekspor kelapa sawit ke Uni Eropa membuat Pemerintah mencari pasar baru hingga Amerika Selatan.

Pemerintah tengah menjajaki pasar ekspor minyak kelapa sawit ke Amerika Selatan. Direktur Amerika II Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Darianto Harsono mengatakan, Indonesia memiliki peluang ekspor ke Argentina, Columbia, dan Ekuador.

Selain itu, ekspor minyak kelapa sawit akan dilakukan menuju Chili. Hal ini sejalan dengan penerapan kerja sama Perjanjian Dagang Indonesia-Chili Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA). Adapun, ekspor kelapa sawit menuju Chili mendapatkan fasilitas bea masuk dengan tarif 0%. 

"Kami coba meminta mereka untuk meningkatkan impor kelapa sawit dari Indonesia," kata Darianto di Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Jakarta, Senin (12/8). 

Meski begitu, Darianto belum memperhitungkan potensi permintaan dari seluruh negara tersebut. "Yang jelas ada potensi cukup besar tapi belum dilirik pengusaha Indonnesia," ujarnya.

(Baca: Balas Serangan Biodisel Eropa, Mendag Usul Pengenaan Tarif 25% Susu )

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...