AS Tunda Kenaikan Bea Masuk Produk Tiongkok, Rupiah Menguat Hari Ini

Agatha Olivia Victoria
14 Agustus 2019, 08:58
Rupiah menguat
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ilustrasi, seorang petugas bank menghitung mata uang dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah dibuka menguat terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini.

Langkah Amerika Serikat (AS) yang menunda kenaikan tarif bea masuk atas produk Tiongkok berdampak positif terhadap rupiah. Mengutip Bloomberg, nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,63% menjadi Rp 14.235 per dolar AS pada perdagangan hari ini (14/8).

Panel Ahli Katadata Insight Center Damhuri Nasution memperkirakan, rupiah akan menguat sepanjang hari ini. Salah satu pendorongnya adalah kebijakan pemerintah AS yang menunda pemberlakukan tarif tambahan 10% terhadap barang impor US$ 300 miliar dari Tiongkok.

“Rupiah akan kembali menguat karena penundaan AS sudah mengumumkan penundaan pengenaan tarif tambahan terhadap produk Tiongkok," katanya kepada Katadata.co.id, Rabu (14/8).

Namun Damhuri mengatakan, Indonesia tetap harus waspada karena peluang resesi ekonomi global semakin meningkat. "Dampak negatif perang dagang antara AS-Tiongkok makin terlihat pada perekonomian dunia yang melambat. Maka, peluang resesi global meningkat," kata dia.

(Baca: Yen Melemah, Rupiah Ikut Loyo ke 14.325 per Dolar AS)

Ia menilai, hal tersebut membuat sebagian investor menarik modal dari negara yang pasarnya tengah berkembang (emerging market) atau flight to quality. Tidak terkecuali modal dari Indonesia juga bisa ditarik.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...